IBX5980432E7F390 Cara Menjalankan Simulasi UNBK Secara Offline - Bahas Materi Sekolah

Cara Menjalankan Simulasi UNBK Secara Offline

Pelaksanaan Ujian Nasional untuk Sekolah Menengah Pertama, SMA, Sekolah Menengah kejuruan dan MA tahun pelajaran 2018/2019 akan dilaksanakan sekitar bulan April 2019. Bagi sekolah-sekolah yang melakukan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) mulai November 2019 sudah mampu melakukan latihan UNBK atau lebih dikenal dengan istilah Simulasi UNBK 

Cara Menjalankan Simulasi UNBK Secara Offline

Disebut simulasi lantaran memang pada latihan UNBK tampilan antar muka (interface) di layar monitor sama persis dengan tampilan pada aplikasi UNBK yang sesungguhnya nanti. Yang berbeda barangkali hanya materi soal yang disajikan, walau terkadang banyak pula soal yang muncul pada latihan (simulasi) UNBK, keluar juga pada UNBK sesungguhnya.

Simulasi UNBK Mempermudah pada Ujian Sesungguhnya

Simulasi UNBK sangat penting bagi para siswa untuk mengasah keterampilan dalam Tutorial mengerjakan soal UNBK, karena rata-rata sekolah di Indonesia belum terbiasa mengerjakan soal ulangan harian, Perguruan Tinggi Swasta dan PAS secara online atau yang berbasis komputer. Rata-rata hampir semua sekolah di Indonesia masih menggunakan ulangan yang berbasis kertas. 

Jadi ketika para siswa penerima Ujian Nasional tiba-tiba harus mengerjakan soal yang berbasis komputer (UNBK) setidaknya pasti akan mengalami beberapa kesulitan, baik dalam Tutorial menjawab setiap soal maupun dalam menjalankan dan mengendalikan aplikasi UNBK tersebut. Ditambah lagi sekarang tidak ada mata pelajaran komputer (TIK) di tingkat SMP dan Sekolah Menengan Atas.

Karena untuk pelaksanaan Simulasi UNBK tidak semudah simulasi UN tulis, karena terkendala perkara waktu, kawasan, dan infrastruktur lainnya, maka banyak sekolah-sekolah yang tidak melakukan Simulasi UNBK secara optimal, bahkan ada yang tidak melaksanakannya sama sekali.

Untuk membantu agar para siswa semakin terampil dalam mengerjakan soal-soal UNBK, silakan lakukan Simulasi UNBK secara Offline tanpa perlu terkoneksi ke internet. Simulasi UNBK offline ini mampu dijalankan di komputer atau laptop maupun di handphone.

Cara Menjalankan Simulasi UNBK secara Offline di Windows


  • Langkah pertama silakan download aplikasi Simulasi UNBK Offline, untuk mendownload silakan KLIK DI SINI
  • Jika di Windows anda belum terinstall Flash Player, silakan download dan install dulu. Untuk download Flash Player https://get.adobe.com/flashplayer/
  • Saat download FlashPlayer, hilangkan tanda ceklis pada McAffe (sponsor) untuk mempercepat proses download
Cara Menjalankan Simulasi UNBK Secara Offline

Sampai tahap ini bergotong-royong kita sudah mampu menjalankan Simulasi UNBK Offline yang mempunyai jenis file SWF, namun terkadang di beberapa kasus file SWF terkadang susah untuk dibuka. Maka Cara yang termudah untuk menjalankan Simulasi UNBK Offline yaitu dengan menginstall aplikasi untuk menjalankan Simulasi UNBK Offline tersebut.

Banyak aplikasi yang bisa digunakan untuk menjalankan Simulasi UNBK Offline yang berjenis file SWF. Salah satunya yang akan kita gunakan ialah StandalonePlashPlayer.
  • Untuk mendownload Standalone FlasPlayer silakan KLIK DI SINI
  • Silakan install aplikasi StandaloneFlashPlayer di komputer anda
Proses install akan cepat karena ukuran file StandaloneFlashPlayer.exe sangat kecil yaitu hanya 2 MB
  • Silakan buka aplikasi StandaloneFlashPlayer, maka di layar akan muncul tampilan dari aplikasi Standalone FlashPlayer seakan-akan di bawah ini
Cara Menjalankan Simulasi UNBK Secara Offline

  • Klik pada menu File, lalu klik pada Open Flash...
  • Silakan cari folder Simulasi UNBK Offline yang telah anda download tadi
  • Silakan buka folder tersebut dan dobel klik pada salah satu mata pelajaran yang ingin dijalankan, maka di layar akan tampil mata pelajaran yang anda pilih seolah-olah di bawah ini
Cara Menjalankan Simulasi UNBK Secara Offline

  • Untuk memperbesar tampilan silakan klik tombol Maximize yang ada di pojok kanan atas
  • Cara lain untuk memperbesar tampilan silakan klik menu Control yang ada di pecahan atas, kemudian klik pada Full Screen
  • Untuk kembali memperkecil tampilan, tekan saja tombol Esc pada keyboard
Di dalam aplikasi Simulasi UNBK Offline terdapat alokasi waktu yang ada di sisi kanan atas. Waktunya 120 menit dan terus akan menghitung mundur sesudah anda klik tombol mulai. Di kepingan bawah ada tombol Lanjut dan Kembali yang mempermudah kita mengerjakan soal.

Cara Menjalankan Simulasi UNBK secara Offline di Handphone Android

Untuk menjalankan aplikasi Simulasi UNBK di Android, yang paling gampang adalah dengan mendownload aplikasi-aplikasi Simulasi UNBK yang banyak bertebaran di Play Store. Namun kita harus selektif dalam memilih aplikasi tersebut, lantaran banyak aplikasi Simulasi UNBK yang materi pelajrannya tidak sesuai dengan Kisi-Kisi Ujian Nasional yang dikeluarkan oleh Kemendikbud.

Kelemahan lainnya dari aplikasi Simulasi UNBK di Play Store yaitu ada iklannya yang terkadang sangat mengganggu, belum lagi layar handphone yang ukurannya memang sangat kecil sehingga agak mempersulit dikala membaca naskah soal apalagi untuk soal Bahasa Indonesia yang rata-rata panjang.

Namun dari pada tidak latihan dan di rumah tidak ada komputer atau laptop, tak Makara perkara memakai aplikasi Simulasi UNBK di Android.

Semoga tutorial ini bermanfaat, kalau ada saran atau pertanyaan, jangan sungkan untuk menuliskannya di dalam komentar. Dengan senang hati kami akan membalas secepat yang kami mampu.

Terimakasih sudah mampir ke blog soal4you.com 

Berlangganan Untuk Mendapatkan Artikel Terbaru:

0 Komentar Untuk "Cara Menjalankan Simulasi UNBK Secara Offline"

Post a Comment