IBX5980432E7F390 Soal PTS/UTS Matematika SMP/MTs Kelas 8 Semester 1 Kurikulum 2013 + Kunci tanggapan dan Pembahasan - Bahas Materi Sekolah

Soal PTS/UTS Matematika SMP/MTs Kelas 8 Semester 1 Kurikulum 2013 + Kunci tanggapan dan Pembahasan


Penilaian Tengah Semester 1 (PTS) atau yang dulu dinamakan Ulangan Tengah Semester (UTS) Kelas 8 (VIII) SMP/MTs Kurikulum 2013 (K-13) meliputi 3 pokok bahasan yaitu: pola Bilangan, Koordinat Kartesius, hubungan dan Fungsi.

Berikut ini ialah soal dan pembahasan tanggapan evaluasi Tengah Semester 1 (gasal/ganjil) mata pelajaran matematika kelas 8 Sekolah Menengah Pertama/MTs berdasar Kurikulum 2013 edisi revisi 2017 yang meliputi pokok bahasan contoh Bilangan, Koordinat Kartesius, kekerabatan dan Fungsi. Soal ini mampu digunakan sebagai materi latihan dalam menghadapi PTS/UTS.


Kunjungi juga:



A. Pilihan Ganda 

1. Tentukan tiga suku berikutnya dari teladan 2, 3, 5, 8, ..., ..., ....
A. 13, 21, 34
B. 12, 17, 24
C. 9, 11, 15
D. 11, 14, 17

2. Tentukan dua suku yang tidak diketahui dari pola: 2, -1, 3, 4, 1, 5, 6, 3, 7, ..., ....
A. 11, 8
B. 10, 7
C. 9, 6
D. 8, 5

3. Tentukan huruf yang hilang dari acuan: A, B, D, ..., G, J, J, M, N.
A.  E
B.  F
C.  G
D.  H

4. Tiga acuan selanjutnya dari 1, 3, 4, 7, 9, 11, 16, ..., ..., ....
A. 15, 25, 19
B. 18, 23, 26
C. 20, 16, 28
D. 20, 25, 26

5. Tiga teladan selanjutnya dari 5, 4, 9, 8, 13, 12, 17, ..., ..., ....
A. 18, 23, 22
B. 17, 22, 21
C. 16, 21, 20
D. 15, 20, 19

6. Dua teladan selanjutnya dari 1, 3, 4, 7, 9, 13, 16, 21, ..., ....
A. 27, 31
B. 25, 31
C. 25, 30
D. 25, 29

7. Perhatikan pola bilangan berikut.
(2, 6), (3, 11), (5, 19)
Pernyataan yang sempurna untuk mendapatkan bilangan kedua dari bilangan pertama pada contoh tersebut adalah ....
A. ditambah 4
B. dikalikan 3
C. dikalikan 2 kemudian ditambah 3
D. dikalikan 2 lalu dikurangi 1

8. Titik-titik yang ada di kuadran III adalah ....
A. (6, 5)
B. (-6, 5)
C. (6, -5)
D. (-6, -5)

9. Koordinat titik A adalah (-5, 3). Jarak titik A dari sumbu-Y adalah ....
A. 5 satuan
B. 3 satuan
C. -3 satuan
D. -5 satuan

10. Koordinat titik berikut yang berjarak 7 satuan dari sumbu-X dan 4 satuan dari sumbu-Y adalah....
A. (7, 4)
B. (-7, 4)
C. (4, 3)
D. (-4, -7)

11. Garis k melalui (-3, 5) dan (0, 5). Sedangkan garis m melalui (-3, 3) dan (-1, 3). Posisi garis k dan m yaitu....
A. sejajar sumbu-X
B. sejajar sumbu Y
C. tegak lurus sumbu X
D. berpotongan dengan sumbu X

12. Dika sedang latihan baris-berbaris. Mula-mula beliau berjalan ke timur 4 langkah, lalu 3 langkah ke Utara. jika titik awal Dika berjalan ialah titik (1, 1), maka koordinat Dika sekarang ialah....
A. (0, 3)
B. (4, 0)
C. (5, 4)
D. (4, 3)

13. Sebuah bangkit mempunyai koordinat A(1, 3), B(1, 1), C(5, 1), dan D(3, 3). bangun yang dibuat oleh titik-titik tersebut adalah...
A. trapesium
B. persegi panjang
C. jajargenjang
D. persegi

14. Diketahui titik A(0, 0), B(6, 0), dan D(2, 3). Maka koordinat titik C agar ABCD menjadi trapesium sama kaki adalah....
A. (3, 4)
B. (4, 3)
C. (0, 6)
D. (3, 2)

15. Diketahui A = 1 ≤ x < 4, x ∊ A, B = 2, 3, 5, 7. Banyaknya fumgsi dari A ke B yaitu ....
A. 7
B. 12
C. 64
D. 81

16. Suatu fungsi f(x) = mx + n. bila f(-2) = -9 dan f(3) = 11, nilai m dan n ialah ....
A. -4 dan 1
B. 4 dan 1
C. -4 dan -1
D. 4 dan -1

17. Suatu fumgsi dengan rumus f(x) = 4 - 2x², f(-5) yaitu ....
A. -46
B. 54
C. 46
D. 104

18. Diketahui g : x → x² - 5x + 4 dengan domain -2, -1, 0, 1, 2 maka daerah alhasil yaitu ....
A. -2. 0, 6, 10, 15
B. -2, 0, 4, 8, 10
C. -2, 0, 4, 10, 18
D. -2, 0, 6, 8, 18

19. jika f(x) = x² + 2 dan g(x) = 2x + 5 dan f(x) = g(x). maka x ialah ....
A. 3 atau 1
B. -3 atau 1
C. 3 atau -1
D. -3 atau -1

20. Himpunan berikut yang merupakan fungsi ialah ....
A. (1, 1),(1, 2), (1, 3), (1, 4), (1, 5)
B. (1, 2),(2, 3), (3, 4), (4, 5), (5, 6)
C. (4, 2),(4, 3), (3, 1), (3, 2), (1, 1)
D. (4, 2),(3, 2), (2, 2), (2, 3), (1, 2)

B. Soal Essay

1. Perhatikan gambar berikut!
 
 
Tentukan:
a.       Banyak bola pada pola ke-5
b.      Banyak bola pada contoh ke-39

2. Diketahui K(2, 0), L(4, -4), M(6, 0). Tentukan nilai N, sehingga jika keempat titik tersebut dihubungkan akan membentuk belah ketupat.

3. Suatu fungsi dinyatakan dengan rumus f(x) = ax + b. jikalau f(2) = -3 dan f(-3) = 7, tentukan nilai a dan b.






KUNCI tanggapan

A. PILIHAN GANDA
1. A         11. A
2. D         12. C
3. B         13. A
4. A         14. B
5. C         15. C
6. B         16. D
7. D         17. A
8. D         18. C
9. A         19. C
10. D       20. B

B. SOAL ESSAY
1. a. Pola ke-5   = 6² + 4 = 36 + 4 = 40
    b. Pola ke-39 = 40² + 4 = 1600 + 4 = 1604

2. N(4, 4)

3. 2a + b = -3
   -3a + b = 7
   ––––––––– –
           5a = -10
             a = -2

  a=-2 disubstitusikan ke persamaan 2a + b = -3, sehingga menjadi:
  2.-2 + b = -3
     -4 + b = -3
             b = 1
  Makara, nilai a = -2 dan b = 1.

Berlangganan Untuk Mendapatkan Artikel Terbaru:

0 Komentar Untuk "Soal PTS/UTS Matematika SMP/MTs Kelas 8 Semester 1 Kurikulum 2013 + Kunci tanggapan dan Pembahasan"

Post a Comment