IBX5980432E7F390 Bentuk Bentuk atau Jenis Pertanian - Bahas Materi Sekolah

Bentuk Bentuk atau Jenis Pertanian

Berikut ini beberapa bentuk-bentuk atau jenis pertanian yang ada di Indonesia.


1.        Sawah.
Merupakan suatu bentuk pertanian yang dilakukan pada lahan basah, sawah membutuhkan banyak air. Adapun bentuk-bentuk sawah diantaranya:

a.       Sawah irigrasi.
Yaitu jenis sawah yang menerima air secara teratur sepanjang tahunnya, sawah ini biasanya sanggup menghasilkan panen tiga kali dalam satu tahun.

b.      Sawah tadah hujan.
Yaitu jenis sawah yang mendapatkan air hanya dari hujan yang turun ke bumi saja.

c.      Sawah bencah atau sawah pasang surut.
Yaitu jenis sawah yang letaknya berada dekat dengan muara sungai atau tepi pantai. Padi yang ditanamnya pada waktu surut dan jenis padi yang ditanam umumnya adalah gogo rencah.

d.      Sawah lebak.
Yaitu jenis sawah yang ditanami padi yang letaknya berada di pinggir sungai (kanan atau kiri sungai).

2.       Pekarangan.

Merupakan suatu lahan yang letaknya berada di lingkungan pemukiman atau lingkungan rumah dan umumnya dibatasi dengan pagar. Lahan ini sering ditanami tanaman pertanian.

3.      Tegalan.

Merupakan area dengan lahan kering, yang bergantung kepada pengairan air hujan. Biasanya ditanami tumbuhan animoan dan terpisah dari lingkungan sekitar rumah atau sekitar pemukiman. Tanah tegalan sulit untuk dibuatkan irigrasi, karana permukaannya tidak rata. Saat ekspresi dominan panas lahan tegelan akan sulit untuk ditanami tanaman lantaran tanahnya kering.

4.      Ladang berpindah.

Merupakan kegiatan pertanian yang dimana lahannya berpindah-pindah, dilakukan pada banyak lahan hasil dari pembukaan semak yang dimana setelah beberapa kali ditanami dan panen akan berpindah lahan. Jika tanah sudah tidak subur lagi maka akan berpindah ke lahan lain yang tanahnya masih subur atau tanah yang sudah usang tidak ditanami tanaman.

Berlangganan Untuk Mendapatkan Artikel Terbaru:

0 Komentar Untuk "Bentuk Bentuk atau Jenis Pertanian"

Post a Comment