IBX5980432E7F390 Prediksi Soal Ujian Nasional Bahasa Indonesia 2018 - Bahas Materi Sekolah

Prediksi Soal Ujian Nasional Bahasa Indonesia 2018

Perkiraan Soal Ujian Nasional Bahasa Indonesia tahun 2018

Ujian Nasional tahun pelajaran 2017/2018 akan segera dilaksanakan, kisi-kisi soal UN pun telah diterbitkan oleh pemerintah dalam hal ini oleh Kementerian Pendidikan. Dengan membaca kisi-kisi tersebut kita mampu memprediksi soal-soal yang kan dibentuk oleh panitia penyelenggara Ujian Nasional.

Sebelum hari "H" pelaksanaan Ujian Nasional, soal UN akan tetap dijaga kerahasiaannya, Kaprikornus mustahil bila seseorang membagikan soal Ujian Nasional Tahun 2018 kepada anda. Yang mungkin oleh anda bisa dicari di internet ialah prediksi atau perkiraan soal Ujian Nasional tahun 2018. Dan berikut ini ialah prediksi soal Ujian Nasional 2018, berdasarkan soal-soal UN tahun sebelumnya.

Jadi ini hanya prediksi Soal Ujian Nasional Bahasa Indonesia tahun 2018, menurut soal-soal Ujian Nasional Tahun sebelumnya: 
----------------------------------------------------------------------------------------
Mata Pelajaran: Bahasa Indonesia
Alokasi Waktu: 120 menit
Bentuk Soal: Pilihan Ganda

Pilihlah salah satu jawaban yang tepat!

Bacalah teks berikut, kemudian  kerjakan soal nomor 1 s.d. 3! 
Inilah  hasil  penelitian  Nielsen TV Audience   Measurement pada  bulan  April hingga Juni 2016. Menonton televisi menjadi kegiatan terfavorit kedua sesudah berolahraga. Persentasenya  38 persen  pada  anak-anak  dan 32 persen pada cukup umur. anak-anak dan sampaumur lebih banyak menonton televisi pada akibat pekan. bawah umur dan remaja menjadi penonton  film bioskop setia. Mereka juga menyukai kegiatan-kegiatan lain, seperti mendengar musik dan menjelajah internet. (Republika, 6 November 2016) 

1.  Makna  kata   terfavorit     pada   teks   tersebut adalah … 
A.  sering  dilakukan 
B.  paling banyak disukai 
C.  banyak sekali penerimanya 
D.  menjadi pokok pembicaraan 

2. Pertanyaan   yang  sesuai  dengan  teks  tersebut adalah … 
A. Mengapa  menonton dan berolahraga banyak disukai cukup umur? 
B.  Acara  apa   di  televisi  yang   paling   banyak ditonton akil balig cukup akal? 
C.  Kegiatan apa yang banyak dilakukan sampaumur di balasan pekan setelah berolahraga? 
D.  Bagaimana     bawah umur     mengatur    waktu berolahraga dengan menonton bioskop? 

3.  Simpulan isi dari teks tersebut yaitu … 
A. Televisi  menjadi  satu-satunya hiburan  untuk anak-anak dan akil balig cukup akal. 
B.  Orang   renta   harus   mengawasi   belum dewasanya ketika mereka menonton televisi. 
C.  Acara-acara  di  televisi  sangat   berpengaruh pada pembentukan karakter anak. 
D.  Anak-nak dan  remaja   lebih suka melaksanakan kegiatan yang bersifat hiburan dan permainan. 

Bacalah teks berikut, kemudian  kerjakan soal nomor 4 dan 5! 
(1) Masa  emas   Pokemon   Go berlalu dengan  cepat.  (2) Dirilis Juli kemudian, saat ini permainan game itu telah berkurang drastis. (3) Padahal,  mobile game  berbasis  augmented  reality itu  sempat mencatat lima rekor dunia. (4) Sampai-sampai para pejabat negara pun ikut berkomentar. 

(1) Permainan Pokemon Go resmi  dirilis pada  6 Juli. (2) Dimulai dari Australia, Selandia  Baru, kemudian AS dan Kanada. (3) Sejak saat itu, permainan tersebut berturut-turut meluas ke negara lain. (4) Termasuk Indonesia, yang kebagian  jadwal  rilis 6 Agustus. (Jawa Pos, 6 November 2016) 

4. ilham   pokok   paragraf   pertama    teks   tersebut adalah … 
A.  rekor game Pokemon Go 
B.  kejayaan game Pokemon Go 
C.  kepopuleran Pokemon Go mulai surut 
D.  Pokemon Go permainan  berbasis realita

5. Kalimat utama paragraf kedua ditandai nomor … 
A. (1) 
B. (2) 
C. (3) 
D. (4) 

6.    Bacalah teks berikut! 
(1) Minat baca masyarakat Indonesia, terutama  anak-anak dan generasi muda, masih sangat rendah. (2) Hal ini diperparah dengan perkembangan pesat teknologi yang menjadi faktor penghambat menumbuhkan  minat baca bagi  anak-anak.  (3) Fenomena itu membuat Lukman Sardi, pemain film, prihatin (4)  Dia  berkomitmen menumbuhkan  minat baca(5) Melalui gerakan sosial Pengetahuan Itu Kekuatan, ia aktif menumbuhkan minat baca, mulai anak-anaknya sendiri hingga generasi muda. (Koran Sindo, 10 November 2016) 
Ringkasan teks tersebut ialah …
A. Perbedaan tingkat kecemasan seseorang disebabkan perbedaan daya konsentrasi.
B. Tutorial mengatasi kecemasan berbicara di depan umum dengan mengajak akseptor berwisata.
C. Berbicaradidepanumummenyebabkecemasan maka kurangi dengan membicarakan wisata.
D. Setiap orang pernah mengalami kecemasan, ternyata berwisata dapat menghilangkan kecemasan tersebut

7.    Bacalah teks berikut! 
Semua  orang  memiliki rasa  gelisah  atau  cemas dengan tingkat berbeda-beda.  Ada  yang hanya sedikit cemas hingga cemas yang terlalu. Cara terbaik untuk menjelaskannya dengan membayangkan rasa takut ketika berbicara di depan umum. Kita harus berbicara secara terbuka di depan kerumunan besar dan sangat penting. 

Ada sejumlah  alasan  mengapa   wisata  bisa  menenangkan kecemasan.  Saat berwisata,  seseorang  dituntut fokus pada kegiatan bersenang-senang.  Dengan fokus pada satu hal yang menyenangkan, seseorang akan mampu melupakan kecemasannya. Itulah sebabnya berwisata bisa membantu hilangkan kecemasan. 
(Koran Sindo, 11 November 2016) 
Ringkasan teks tersebut yaitu … 
A. Perbedaan   tingkat    kecemasan     seseorang disebabkan  perbedaan daya konsentrasi. 
B. Tutorial mengatasi kecemasan berbicara di depan umum dengan mengajak akseptor berwisata. 
C. Berbicara di depan umum menyebab kecemasan maka kurangi dengan membicarakan wisata. 
D. Setiap orang   pernah  mengalami  kecemasan, ternyata berwisata mampu menghilangkan kecemasan tersebut. 

8.    Bacalah kedua teks laporan berikut! 
Teks 1 
Salah satu  wisata  alam  di Kabupaten Bangka Tengah adalah Hutan  Palawan.  Letaknya di  Desa  Namang  di daratan   Pulau Bangka.  Luasnya sekitar  300  hektare.  Hutan  berstatus  hutan keanekaragaman hayati. Komposisinya 47 hektare dijadikan taman wisata dan sisanya hutan adat (Republika, 6 November 2016) 
Teks 2 
Hadir semenjak 1887,  Stasiun  Kemayoran terus tumbuh.  Sejalan dengan masa jaya pariwisata di daratan Jawa. Stasiun ini menjadi pintu gerbang dari Batavia ke sejumlah destinasi wisata. hingga mendekati  ujung era ke-19, kini stasiun itu tidak lagi berjaya. Banyak kisah tersimpan  di Stasiun Kemayoran ini. (Jawa Pos, 6 
November 20160 
Perbedaan pola penyajian kedua teks tersebut adalah ….

Teks 1                            Teks 2 
A. teknik klarifikasi      teknik penceritaan 
B. urutan waktu             urutan ruang 
C. umum - khusus          khusus – umum 
D. alasannya ialah - akibat            akibat - alasannya ialah 

9.    Bacalah teks berikut! 
(1) Cerpen-cerpen di buku ini ditulis Rendra dengan kesederhanaan bahasa, tanpa sedikit pun mengurangi keagungan cerita dan selipan  makna.  (2) Buku Pacar Seorang Seniman  ini diterbitkan Bentang Pustaka, tahun   2015.  (3) Buku  setebal  183 halaman ini  merupakan   kumpulan   cerpen.  (4) Naskah  dalam  buku ini hadir dengan  penuh  keautentikan,  penyunting dan  penerbit tidak pernah sekali pun berani mengutak-atik kalimat-kalimat bentukan  Rendra. (5) Di beberapa  kalimat  memang  tampak kalimat tidak efektif. 

Pernyataan  yang  menyatakan keunggulan buku terdapat pada kalimat … 
A. (1) 
B. (3) 
C. (4) 
D. (5) 

Bacalah teks berikut, kemudian  kerjakan soal nomor 10 s.d. 13! 
(1) Tangan  mungil  Ranu  menyambut  pahaku,  begitu  aku membuka pintu. Segera saja kuangkat badan bocah lelaki lima tahun itu. tubuh mungilnya segera terbenam dalam dekapanku. 
(2) Ranu yaitu anak pertamaku.  Sebetulnya aku dan istriku, Mayang sudah kepingin lagi memiliki anak kedua, tetapi tuhan belum mempercayai kami. 
(3) ”Ranu, jangan  ganggu  ayah, ayah capek!” suara Kanya tak menghentikan tawa Ranu. kami segera membopong bocah yang rambutnya  seperti rambut  jagung  itu ke dalam kamar. Selanjutnya, bunyi Mayang lebih terdengar seolah-olah air kran. 
(4) ”Tadi Ranu berguru apa di sekolah, Nak?” Tahun ini ialah tahun  pertama Ranu kumasukkan  sekolah Taman Kanak-kanak, gres  sebulan, tetapi ia sudah sudah tidak mau dinantikan ibunya. 
(5) ”Tadi Ranu disuruh kisah tentang ayah. Semua sahabat Ranu juga.” 
(6) ”Oya? Terus Ranu kisah apa, sayang?” 
(7) ”Ranu dongeng, ayah suka ajak Ranu jalan-jalan, sama Bunda juga.  Ayah kalau malam tidak mau gosok gigi, kalau pagi suka ajak Ranu pergi buru-buru ke sekolah. Terus…Ranu juga cerita kalau ayah Ranu itu paling hebaaatttt!” (Ayah, Justto Lasoo)
10.  Makna kata menyambut  pada teks cerita tersebut adalah … 
A. mengajak 
B. memohon 
C. mendekap 
D. mempersilakan

11.  Watak tokoh Ranu yaitu … 
A. rajin dan manja 
B. manja dan apatis 
C. polos dan cekatan 
D. lugu dan pemberani

12.  Bagian  perkenalan   pada   teks   cerita   tersebut ditandai nomor … 
A. (2) 
B. (4) 
C. (5) 
D. (6) 

13.  Latar pada teks tersebut ialah … 
A. rumah, sore hari 
B. kantor, siang hari 
C. sekolah, pagi hari 
D. kamar tidur, pagi hari 

Bacalah teks berikut, kemudian  kerjakan soal nomor 14 s.d. 17! 
Ade Syaputra tertunduk lesu. Kertas pengumuman  di tangan digenggamnya kuat-kuat. kini harapan menjadi seorang arsitek lenyap terbawa angin Agustus. Padahal dia sudah membayangkan membangun  jembatan layang dari Cipayung - Munjul dengan tiga tiang saja. 
“Sudahlah,  De. kau masih mampu masuk universitas swasta dengan jurusan itu,” kata Oky. Oky, Ade, dan Masani  tiga  sekawan yang sudah dekat sejak SMP.  Ade memang terobsesi sekali membangun jembatan dengan sedikit tiang. Sedang Oky yang hobi baris-berbaris bercita-cita menjadi perwira angkatan darat. Masani yang agak unik, bagi beliau tidak perlu cita-cita. Makara apa pun yang penting senang. Kalau perlu Kaprikornus tukang nasi uduk  di pinggir jalan pun tidak masalah. 
Mereka berasal dari keluarga yang berlatar belakang ekonomi berbeda. Masani anak pengusaha  sukses orang terkaya di Gang Mandor  Hasan.  Tidak sombong  apalagi  angkuh.  Sedangkan Ade Saputra anak semata wayang ibunya pengusaha catering, bapaknya  bos bajaj.  Oky, anak koordinator parkir di Pasar Induk, ibunya supir busway. Walaupun ia jarang bertemu ibu bapaknya, dia anak yang baik. 

14.  Makna simbol semata wayang  pada teks tersebut adalah … 
A. anak kesayangan 
B. anak satu-satunya 
C. anak yang penurut 
D. anak laki-laki satu-satunya 

15.  Nilai budbahasa  yang  terdapat  pada   teks  tersebut adalah … 
A.  Saling    menyemangati    jika    ada     sahabat bermasalah. 
B.  Setiap    orang    harus    mempunyai    cita-cita setinggi-tingginya. 
C.  Memanfaatkan   kekayaan   orang   renta   untuk berfoya-foya. 
D.  Apa pun  pekerjaan  orang  tua  harus  dihargai dan disyukuri. 

16.  Sebab terjadinya konflik pada teks tersebut adalah … 
A.  Ketiga sahabat memiliki impian yang berbeda-beda. 
B.  Ade Syaputra tidak diterima di suatu universitas negeri. 
C.  Malas berguru  sehingga  masuk  ke sekolah tinggi tinggi swasta. 
D.  Gagal   masuk   ke   perguruan   tinggi    yang diidolakannnya. 

17.  Akibat konflik pada teks tersebut ialah … 
A. Ade Syaputra sempat prustasi awalnya. 
B. Oky  dan   Masani  berusaha   membujuk   Ade Syaputra 
C. Jembatan     yang     dicita-citakannya  tidak terwujud. 
D. Ade Syaputra beralih cita-cita menjadi seorang tentatara. 

Bacalah kedua teks berikut, kemudian kerjakan soal nomor 18 dan 19! 
Teks 1 
Salju mulai turun. Asger tak tabah ingin keluar. Haldor, saudaranya, masih tidur. Namun, ibu melarangnya. “Musim gugur gres berlalu. Saljunya masih tipis, “ ucap Ibu. Asger tinggal di Kutub Utara. Hampir sepanjang tahun hamparan salju menutupi  tanah. Bunga      saxifrage ungu dan tanaman bearberry tertutup salju. Haldor memutar kepalanya dengan tenang.  Ia  pelan-pelan mengangkat hidungnya dan menghirup hawa di sekitarnya. “Belum  tercium apa-apa,” ujar Asger kecewa. Mereka menunggu di  dekat sebuah lubang napas yang ada di lapian salju tebal. (Bobo, 20 Oktober 2016) 

Teks 2 
Semangat  Runi makin bertambah mendengar pujian Datuk.  Ia melanjutkan lagi    memahat    batu itu. sesudah beberapa pukulan, watu itu masih belum berwujud. Akhirnya, ia kelelahan. Ia   pun   menyusul Datuk  yang masih asyik     mengamati arca-arca yang ada di taman. Kali ini ia mampu menikmati keindahan arca-arca   batu itu.  Ia juga  berubah menjadi pengagum goresan pada batu seakan-akan Datuk. Suatu hari Datuk berjalan-jalan ke 
museum.  Ia meminta keluarga Pak Heru untuk menemaninya. Saying, saat itu Pak Heru tidak dapat mengantarkan karena    mobilnya rusak. Sementara  Pak Heru    dan    Bu   Dani ke      bengkel,      Rudi 
dan Runi menemani Datuk berjalan-jalan  di museum.  (Bobo, 20 Oktober 2016) 

18.  Perbedaan   pola   pengembangan   kedua    teks tersebut adalah …
Teks 1                                             Teks 2 
A. iawali  perkenalan                    diawali konflik 
B. diawali pemunculan masalah     diawali perkenalan 
C. beliauwali perkenalan                     diawali penyelesaian 
D. beliauwali konflik                           iawali penurunan masalah 

19.  Perbedaan   penggunaan   bahasa    kedua    teks tersebut adalah … 
Teks 1: tidak memakai kata ganti untuk menyebutkan tokoh utamanya, 
sedangkan Teks 2: menggunakan kata ganti untuk menyebutkan tokoh utamanya 
Teks 1: banyak menggunakan kalimat perbandingan, 
sedangkan Teks 2:  Banyak menggunakan kalimat pertentangan 
Teks 1: kalimatnya panjang-panjang dan kompleks, sedangkan Teks 2: kalimatnya pendek dan sederhana 
"); if(r>0) {obj0.innerHTML=s.substr(0,r);obj1.innerHTML=s.substr(r+4);}

Berlangganan Untuk Mendapatkan Artikel Terbaru:

Artikel Terkait :

0 Komentar Untuk "Prediksi Soal Ujian Nasional Bahasa Indonesia 2018"

Post a Comment