Prediksi Soal Ujian Nasional Bahasa Indonesia 2018
Ujian Nasional tahun pelajaran 2017/2018 akan segera dilaksanakan, kisi-kisi soal UN pun telah diterbitkan oleh pemerintah dalam hal ini oleh Kementerian Pendidikan. Dengan membaca kisi-kisi tersebut kita mampu memprediksi soal-soal yang kan dibentuk oleh panitia penyelenggara Ujian Nasional.
Sebelum hari "H" pelaksanaan Ujian Nasional, soal UN akan tetap dijaga kerahasiaannya, Kaprikornus mustahil bila seseorang membagikan soal Ujian Nasional Tahun 2018 kepada anda. Yang mungkin oleh anda bisa dicari di internet ialah prediksi atau perkiraan soal Ujian Nasional tahun 2018. Dan berikut ini ialah prediksi soal Ujian Nasional 2018, berdasarkan soal-soal UN tahun sebelumnya.
Jadi ini hanya prediksi Soal Ujian Nasional Bahasa Indonesia tahun 2018, menurut soal-soal Ujian Nasional Tahun sebelumnya:
----------------------------------------------------------------------------------------
Mata Pelajaran: Bahasa Indonesia
Alokasi Waktu: 120 menit
Bentuk Soal: Pilihan Ganda
Pilihlah salah satu
jawaban yang tepat!
Bacalah teks berikut, kemudian kerjakan soal nomor 1 s.d. 3!
Inilah hasil penelitian Nielsen TV Audience Measurement pada bulan April hingga Juni 2016. Menonton televisi menjadi kegiatan terfavorit kedua sesudah berolahraga. Persentasenya 38 persen pada anak-anak dan 32 persen pada cukup umur. anak-anak dan sampaumur lebih banyak menonton televisi pada akibat pekan. bawah umur dan remaja menjadi penonton film bioskop setia. Mereka juga menyukai kegiatan-kegiatan lain, seperti mendengar musik dan menjelajah internet. (Republika, 6 November 2016)
1. Makna kata terfavorit pada teks tersebut adalah …
A. sering dilakukan
B. paling banyak disukai
C. banyak sekali penerimanya
D. menjadi pokok pembicaraan
2. Pertanyaan yang sesuai dengan teks tersebut adalah …
A. Mengapa menonton dan berolahraga banyak disukai cukup umur?
B. Acara apa di televisi yang paling banyak ditonton akil balig cukup akal?
C. Kegiatan apa yang banyak dilakukan sampaumur di balasan pekan setelah berolahraga?
D. Bagaimana bawah umur mengatur waktu berolahraga dengan menonton bioskop?
3. Simpulan isi dari teks tersebut yaitu …
A. Televisi menjadi satu-satunya hiburan untuk anak-anak dan akil balig cukup akal.
B. Orang renta harus mengawasi belum dewasanya ketika mereka menonton televisi.
C. Acara-acara di televisi sangat berpengaruh pada pembentukan karakter anak.
D. Anak-nak dan remaja lebih suka melaksanakan kegiatan yang bersifat hiburan dan permainan.
Bacalah teks berikut, kemudian kerjakan soal nomor 4 dan 5!
(1) Masa emas Pokemon Go berlalu dengan cepat. (2) Dirilis Juli kemudian, saat ini permainan game itu telah berkurang drastis. (3) Padahal, mobile game berbasis augmented reality itu sempat mencatat lima rekor dunia. (4) Sampai-sampai para pejabat negara pun ikut berkomentar.
(1) Permainan Pokemon Go resmi dirilis pada 6 Juli. (2) Dimulai dari Australia, Selandia Baru, kemudian AS dan Kanada. (3) Sejak saat itu, permainan tersebut berturut-turut meluas ke negara lain. (4) Termasuk Indonesia, yang kebagian jadwal rilis 6 Agustus. (Jawa Pos, 6 November 2016)
4. ilham pokok paragraf pertama teks tersebut adalah …
A. rekor game Pokemon Go
B. kejayaan game Pokemon Go
C. kepopuleran Pokemon Go mulai surut
D. Pokemon Go permainan berbasis realita
5. Kalimat utama paragraf kedua ditandai nomor …
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
6. Bacalah teks berikut!
(1) Minat baca masyarakat Indonesia, terutama anak-anak dan generasi muda, masih sangat rendah. (2) Hal ini diperparah dengan perkembangan pesat teknologi yang menjadi faktor penghambat menumbuhkan minat baca bagi anak-anak. (3) Fenomena itu membuat Lukman Sardi, pemain film, prihatin (4) Dia berkomitmen menumbuhkan minat baca. (5) Melalui gerakan sosial Pengetahuan Itu Kekuatan, ia aktif menumbuhkan minat baca, mulai anak-anaknya sendiri hingga generasi muda. (Koran Sindo, 10 November 2016)
Ringkasan teks tersebut ialah …
A. Perbedaan tingkat kecemasan seseorang disebabkan perbedaan daya konsentrasi.
B. Tutorial mengatasi kecemasan berbicara di depan umum dengan mengajak akseptor berwisata.
C. Berbicaradidepanumummenyebabkecemasan maka kurangi dengan membicarakan wisata.
D. Setiap orang pernah mengalami kecemasan, ternyata berwisata dapat menghilangkan kecemasan tersebut
7. Bacalah teks berikut!
Semua orang memiliki rasa gelisah atau cemas dengan tingkat berbeda-beda. Ada yang hanya sedikit cemas hingga cemas yang terlalu. Cara terbaik untuk menjelaskannya dengan membayangkan rasa takut ketika berbicara di depan umum. Kita harus berbicara secara terbuka di depan kerumunan besar dan sangat penting.
Ada sejumlah alasan mengapa wisata bisa menenangkan kecemasan. Saat berwisata, seseorang dituntut fokus pada kegiatan bersenang-senang. Dengan fokus pada satu hal yang menyenangkan, seseorang akan mampu melupakan kecemasannya. Itulah sebabnya berwisata bisa membantu hilangkan kecemasan.
(Koran Sindo, 11 November 2016)
Ringkasan teks tersebut yaitu …
A. Perbedaan tingkat kecemasan seseorang disebabkan perbedaan daya konsentrasi.
B. Tutorial mengatasi kecemasan berbicara di depan umum dengan mengajak akseptor berwisata.
C. Berbicara di depan umum menyebab kecemasan maka kurangi dengan membicarakan wisata.
D. Setiap orang pernah mengalami kecemasan, ternyata berwisata mampu menghilangkan kecemasan tersebut.
8. Bacalah kedua teks laporan berikut!
Teks 1
Salah satu wisata alam di Kabupaten Bangka Tengah adalah Hutan Palawan. Letaknya di Desa Namang di daratan Pulau Bangka. Luasnya sekitar 300 hektare. Hutan berstatus hutan keanekaragaman hayati. Komposisinya 47 hektare dijadikan taman wisata dan sisanya hutan adat (Republika, 6 November 2016)
Teks 2
Hadir semenjak 1887, Stasiun Kemayoran terus tumbuh. Sejalan dengan masa jaya pariwisata di daratan Jawa. Stasiun ini menjadi pintu gerbang dari Batavia ke sejumlah destinasi wisata. hingga mendekati ujung era ke-19, kini stasiun itu tidak lagi berjaya. Banyak kisah tersimpan di Stasiun Kemayoran ini. (Jawa Pos, 6
November 20160
Perbedaan pola penyajian kedua teks tersebut adalah ….
Teks 1 Teks 2
A. teknik klarifikasi teknik penceritaan
B. urutan waktu urutan ruang
C. umum - khusus khusus – umum
D. alasannya ialah - akibat akibat - alasannya ialah
9. Bacalah teks berikut!
(1) Cerpen-cerpen di buku ini ditulis Rendra dengan kesederhanaan bahasa, tanpa sedikit pun mengurangi keagungan cerita dan selipan makna. (2) Buku Pacar Seorang Seniman ini diterbitkan Bentang Pustaka, tahun 2015. (3) Buku setebal 183 halaman ini merupakan kumpulan cerpen. (4) Naskah dalam buku ini hadir dengan penuh keautentikan, penyunting dan penerbit tidak pernah sekali pun berani mengutak-atik kalimat-kalimat bentukan Rendra. (5) Di beberapa kalimat memang tampak kalimat tidak efektif.
Pernyataan yang menyatakan keunggulan buku terdapat pada kalimat …
A. (1)
B. (3)
C. (4)
D. (5)
Bacalah teks berikut, kemudian kerjakan soal nomor 10 s.d. 13!
(1) Tangan mungil Ranu menyambut pahaku, begitu aku membuka pintu. Segera saja kuangkat badan bocah lelaki lima tahun itu. tubuh mungilnya segera terbenam dalam dekapanku.
(2) Ranu yaitu anak pertamaku. Sebetulnya aku dan istriku, Mayang sudah kepingin lagi memiliki anak kedua, tetapi tuhan belum mempercayai kami.
(3) ”Ranu, jangan ganggu ayah, ayah capek!” suara Kanya tak menghentikan tawa Ranu. kami segera membopong bocah yang rambutnya seperti rambut jagung itu ke dalam kamar. Selanjutnya, bunyi Mayang lebih terdengar seolah-olah air kran.
(4) ”Tadi Ranu berguru apa di sekolah, Nak?” Tahun ini ialah tahun pertama Ranu kumasukkan sekolah Taman Kanak-kanak, gres sebulan, tetapi ia sudah sudah tidak mau dinantikan ibunya.
(5) ”Tadi Ranu disuruh kisah tentang ayah. Semua sahabat Ranu juga.”
(6) ”Oya? Terus Ranu kisah apa, sayang?”
(7) ”Ranu dongeng, ayah suka ajak Ranu jalan-jalan, sama Bunda juga. Ayah kalau malam tidak mau gosok gigi, kalau pagi suka ajak Ranu pergi buru-buru ke sekolah. Terus…Ranu juga cerita kalau ayah Ranu itu paling hebaaatttt!” (Ayah, Justto Lasoo)
10. Makna kata menyambut pada teks cerita tersebut adalah …
A. mengajak
B. memohon
C. mendekap
D. mempersilakan
11. Watak tokoh Ranu yaitu …
A. rajin dan manja
B. manja dan apatis
C. polos dan cekatan
D. lugu dan pemberani
12. Bagian perkenalan pada teks cerita tersebut ditandai nomor …
A. (2)
B. (4)
C. (5)
D. (6)
13. Latar pada teks tersebut ialah …
A. rumah, sore hari
B. kantor, siang hari
C. sekolah, pagi hari
D. kamar tidur, pagi hari
Bacalah teks berikut, kemudian kerjakan soal nomor 14 s.d. 17!
Ade Syaputra tertunduk lesu. Kertas pengumuman di tangan digenggamnya kuat-kuat. kini harapan menjadi seorang arsitek lenyap terbawa angin Agustus. Padahal dia sudah membayangkan membangun jembatan layang dari Cipayung - Munjul dengan tiga tiang saja.
“Sudahlah, De. kau masih mampu masuk universitas swasta dengan jurusan itu,” kata Oky. Oky, Ade, dan Masani tiga sekawan yang sudah dekat sejak SMP. Ade memang terobsesi sekali membangun jembatan dengan sedikit tiang. Sedang Oky yang hobi baris-berbaris bercita-cita menjadi perwira angkatan darat. Masani yang agak unik, bagi beliau tidak perlu cita-cita. Makara apa pun yang penting senang. Kalau perlu Kaprikornus tukang nasi uduk di pinggir jalan pun tidak masalah.
Mereka berasal dari keluarga yang berlatar belakang ekonomi berbeda. Masani anak pengusaha sukses orang terkaya di Gang Mandor Hasan. Tidak sombong apalagi angkuh. Sedangkan Ade Saputra anak semata wayang ibunya pengusaha catering, bapaknya bos bajaj. Oky, anak koordinator parkir di Pasar Induk, ibunya supir busway. Walaupun ia jarang bertemu ibu bapaknya, dia anak yang baik.
14. Makna simbol semata wayang pada teks tersebut adalah …
A. anak kesayangan
B. anak satu-satunya
C. anak yang penurut
D. anak laki-laki satu-satunya
15. Nilai budbahasa yang terdapat pada teks tersebut adalah …
A. Saling menyemangati jika ada sahabat bermasalah.
B. Setiap orang harus mempunyai cita-cita setinggi-tingginya.
C. Memanfaatkan kekayaan orang renta untuk berfoya-foya.
D. Apa pun pekerjaan orang tua harus dihargai dan disyukuri.
16. Sebab terjadinya konflik pada teks tersebut adalah …
A. Ketiga sahabat memiliki impian yang berbeda-beda.
B. Ade Syaputra tidak diterima di suatu universitas negeri.
C. Malas berguru sehingga masuk ke sekolah tinggi tinggi swasta.
D. Gagal masuk ke perguruan tinggi yang diidolakannnya.
17. Akibat konflik pada teks tersebut ialah …
A. Ade Syaputra sempat prustasi awalnya.
B. Oky dan Masani berusaha membujuk Ade Syaputra
C. Jembatan yang dicita-citakannya tidak terwujud.
D. Ade Syaputra beralih cita-cita menjadi seorang tentatara.
Bacalah kedua teks berikut, kemudian kerjakan soal nomor 18 dan 19!
Teks 1
Salju mulai turun. Asger tak tabah ingin keluar. Haldor, saudaranya, masih tidur. Namun, ibu melarangnya. “Musim gugur gres berlalu. Saljunya masih tipis, “ ucap Ibu. Asger tinggal di Kutub Utara. Hampir sepanjang tahun hamparan salju menutupi tanah. Bunga saxifrage ungu dan tanaman bearberry tertutup salju. Haldor memutar kepalanya dengan tenang. Ia pelan-pelan mengangkat hidungnya dan menghirup hawa di sekitarnya. “Belum tercium apa-apa,” ujar Asger kecewa. Mereka menunggu di dekat sebuah lubang napas yang ada di lapian salju tebal. (Bobo, 20 Oktober 2016)
Teks 2
Semangat Runi makin bertambah mendengar pujian Datuk. Ia melanjutkan lagi memahat batu itu. sesudah beberapa pukulan, watu itu masih belum berwujud. Akhirnya, ia kelelahan. Ia pun menyusul Datuk yang masih asyik mengamati arca-arca yang ada di taman. Kali ini ia mampu menikmati keindahan arca-arca batu itu. Ia juga berubah menjadi pengagum goresan pada batu seakan-akan Datuk. Suatu hari Datuk berjalan-jalan ke
museum. Ia meminta keluarga Pak Heru untuk menemaninya. Saying, saat itu Pak Heru tidak dapat mengantarkan karena mobilnya rusak. Sementara Pak Heru dan Bu Dani ke bengkel, Rudi
dan Runi menemani Datuk berjalan-jalan di museum. (Bobo, 20 Oktober 2016)
18. Perbedaan pola pengembangan kedua teks tersebut adalah …
Teks 1 Teks 2
A. iawali perkenalan diawali konflik
B. diawali pemunculan masalah diawali perkenalan
C. beliauwali perkenalan diawali penyelesaian
D. beliauwali konflik iawali penurunan masalah
19. Perbedaan penggunaan bahasa kedua teks tersebut adalah …
A Teks 1: tidak memakai kata ganti untuk menyebutkan tokoh utamanya,
sedangkan Teks 2: menggunakan kata ganti untuk menyebutkan tokoh utamanya
B Teks 1: banyak menggunakan kalimat perbandingan,
sedangkan Teks 2: Banyak menggunakan kalimat pertentangan
C Teks 1: kalimatnya panjang-panjang dan kompleks, sedangkan Teks 2: kalimatnya pendek dan sederhana
");
if(r>0) {obj0.innerHTML=s.substr(0,r);obj1.innerHTML=s.substr(r+4);}
0 Komentar Untuk "Prediksi Soal Ujian Nasional Bahasa Indonesia 2018"
Post a Comment