IBX5980432E7F390 Misteri Bilangan Nol - Bahas Materi Sekolah

Misteri Bilangan Nol


Angka nol merupakan angka yang kita kenal sebagai angka netral, yang letaknya berada di antara bilangan kasatmata dan bilangan negatif. Namun bagaimana angka nol bisa ditemukan?
Ratusan tahun yang kemudian, insan hanya mengenal 9 buah bilangan, yaitu 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9. Pada awalnya, Bangsa Babilonia mempergunakan konsep nol sebagai ruang pembatas antara bilangan-bilangan, namun mereka tidak memiliki simbol untuk konsep tersebut dikarenakan cukup sebagai pembatas, namun konsep nol tersebut sering disalah tafsirkan sehingga mereka membuat simbol nol yang menyerupai nol yang kita kenal kini.
Hingga kemudian pada masa ke 7 Masehi, matematikawan berjulukan Brahmagupta memperkenalkan sifat angka nol seolah-olah yang kita kenal kini. Namun Brahmagupta mempunyai kesulitan dan kekeliruan saat sebuah angka dibagi dengan nol, ia menyatakan bahwa “sebuah bilangan bila dibagi nol yaitu tetap”. Namun kesalahan tersebut diperbaiki oleh Bhaskara yang menyatakan bahwa “pembagian sebuah angka oleh nol yaitu jumlah yang tak hingga”. Kemudian Al-Khawarizmi, seorang matematikawan dari Arab yang kemudian meneliti dan mempopulerkan penggunaan bilangan nol sebagai nilai daerah basis sepuluh, yang kemudian disebut bilangan desimal.

Namun, apa saja misteri yang terdapat pada angka nol?

1. Angka nol, pembuat komputer error

Pelajaran perihal bilangan nol, dari sejak zaman dahulu hingga kini selalu mengakibatkan kebingungan bagi para pelajar dan mahasiswa, bahkan masyarakat pengguna pada umumnya. Mengapa? Bukankah bilangan nol itu mewakili sesuatu yang tidak ada dan yang tidak ada itu ada, ialah nol. Siapa yang tidak bingung? Tiap kali bilangan nol muncul dalam pelajaran Matematika selalu ada wangsit yang ajaib. Seperti ide bila sesuatu yang ada dikalikan dengan 0 maka menjadi tidak ada. Apakah mungkin 5×0 menjadi tidak ada?. Ide ini menciptakan orang- orang frustrasi. Apakah nol ahli sulap?
Aturan lain wacana nol yang juga misterius ialah bahwa suatu bilangan jika dibagi nol tidak didefinisikan. Maksudnya, bilangan berapa pun tidak bisa dibagi dengan nol. Komputer yang canggih bagaimana pun akan error mendadak bila tiba-tiba bertemu dengan pembagi angka nol. Komputer memang diperintahkan berhenti berpikir kalau bertemu sang divisor nol.

2. Bergerak tapi membisu

Bilangan tidak hanya terdiri atas bilangan bulat, tetapi juga ada bilangan desimal antara lain dari 0,1; 0,01; 0,001; dan seterusnya hingga sekecil- kecilnya. Karena sangat kecil tidak mampu lagi disebut atau tidak terhingga kecilnya dan pada akhirnya ianggap nol saja. Tetapi, inspirasi ini ternyata sempat membingungkan karena bila bilangan tidak terhingga kecilnya dianggap nol maka berarti nol ialah bilangan terkecil. Padahal, nol mewakili sesuatu yang tidak ada.
Berdasarkan konsep bilangan desimal dan kontinu, maka garis bilangan yang kita pakai ternyata tidak sesederhana itu lantaran antara dua bilangan selalu ada bilangan ke tiga. Jika seseorang melompat dari bilangan 1 ke bilangan 2, tetapi dengan syarat harus melompat terlebih dahulu ke bilangan desimal yang terdekat, mampukah? Berapakah bilangan desimal terdekat sebelum sampai ke bilangan 2? Bisa saja angka 1/2. Tetapi, kita dilarang melompat ke angka 1/2 lantaran masih ada bilangan yang lebih kecil, adalah 1/4. Begitu seterusnya, selalu ada bilangan yang lebih bersahabat, yakni 0,1 lalu ada 0,01, 0,001, ..., 0,000001. Demikian seterusnya, sehingga pada balasannya bilangan yang paling bersahabat dengan angka 1 ialah bilangan yang sedemikian kecilnya sehingga ianggap nol saja. Karena bilangan terdekat adalah nol alias tidak ada, maka Anda tidak pernah mampu melompat ke bilangan 2. Iyakan?

3. Tunawisma

Bilangan disusun berdasarkan hierarki menurut satu garis lurus. Pada titik awal ialah bilangan nol, kemudian bilangan 1, 2, dan seterusnya. Bilangan yang lebih besar di sebelah kanan dan bilangan yang lebih kecil di sebelah kiri. Semakin jauh ke kanan akan semakin besar bilangan itu. Berdasarkan derajat hierarki dan birokrasi bilangan, seseorang bila berjalan dari titik 0 terus-menerus menuju angka yang lebih besar ke kanan akan hingga pada bilangan yang tidak terhingga. Tetapi, mungkin juga orang itu sampai pada titik 0 kembali. Bukankah dunia ini bulat? Mungkinkah? Bukankah Columbus menyampaikan bahwa kalau ia berlayar terus-menerus ia akan hingga kembali ke Eropa?
Lain lagi. Jika seseorang berangkat dari nol, ia mustahil hingga ke bilangan 4 tanpa melewati terlebih dahulu bilangan 1, 2, dan 3. Tetapi, yang lebih aneh adalah pertanyaan mungkinkan seseorang bisa berangkat dari titik nol? Jelas tidak bisa, lantaran bukankah titik nol suatu titik yang tidak ada? Aneh dan sulit dipercayakan? Mari kita lihat lebih jauh.
Jika di antara dua bilangan atau antara dua buah titik terdapat sebuah ruas. Setiap bilangan mempunyai sebuah ruas. Jika ruas ini dipotong-potong kemudian titik lingkaran hitam dipindahkan ke tengah-tengah ruas, ternyata bilangan 0 tidak mempunyai ruas. Jadi, bilangan nol berada di awang-awang. Bilangan nol tidak mempunyai daerah tinggal alias tunawisma. Itulah sebabnya, mengapa bilangan nol harus melekat pada bilangan lain, misalnya, pada angka 1 membentuk bilangan 10, 100, 109, 10.403 dan sebagainya. Jadi, seseorang tidak pernah bisa berangkat dariMisteri Bilangan Nol
Angka nol merupakan angka yang kita kenal sebagai angka netral, yang letaknya berada di antara bilangan kasatmata dan bilangan negatif. Namun bagaimana angka nol bisa ditemukan?
Ratusan tahun yang kemudian, insan hanya mengenal 9 buah bilangan, yaitu 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9. Pada awalnya, Bangsa Babilonia mempergunakan konsep nol sebagai ruang pembatas antara bilangan-bilangan, namun mereka tidak memiliki simbol untuk konsep tersebut dikarenakan cukup sebagai pembatas, namun konsep nol tersebut sering disalah tafsirkan sehingga mereka membuat simbol nol yang ibarat nol yang kita kenal kini.
Hingga kemudian pada abad ke 7 Masehi, matematikawan berjulukan Brahmagupta memperkenalkan sifat angka nol seakan-akan yang kita kenal sekarang. Namun Brahmagupta memiliki kesulitan dan kekeliruan ketika sebuah angka dibagi dengan nol, ia menyatakan bahwa “sebuah bilangan bila dibagi nol yaitu tetap”. Namun kesalahan tersebut diperbaiki oleh Bhaskara yang menyatakan bahwa “pembagian sebuah angka oleh nol yaitu jumlah yang tak hingga”. Kemudian Al-Khawarizmi, seorang matematikawan dari Arab yang kemudian meneliti dan mempopulerkan penggunaan bilangan nol sebagai nilai tempat basis sepuluh, yang kemudian disebut bilangan desimal.
Namun, apa saja misteri yang terdapat pada angka nol?
1. Angka nol, pembuat komputer error
Pelajaran perihal bilangan nol, dari sejak zaman dahulu hingga sekarang selalu menyebabkan kebingungan bagi para pelajar dan mahasiswa, bahkan masyarakat pengguna pada umumnya. Mengapa? Bukankah bilangan nol itu mewakili sesuatu yang tidak ada dan yang tidak ada itu ada, yakni nol. Siapa yang tidak bingung? Tiap kali bilangan nol muncul dalam pelajaran Matematika selalu ada ide yang abnormal. Seperti wangsit kalau sesuatu yang ada dikalikan dengan 0 maka menjadi tidak ada. Apakah mungkin 5×0 menjadi tidak ada?. Ide ini menciptakan orang- orang frustrasi. Apakah nol jago sulap?
Aturan lain tentang nol yang juga misterius ialah bahwa suatu bilangan jikalau dibagi nol tidak didefinisikan. Maksudnya, bilangan berapa pun tidak mampu dibagi dengan nol. Komputer yang canggih bagaimana pun akan error mendadak bila datang-tiba bertemu dengan pembagi angka nol. Komputer memang diperintahkan berhenti berpikir jika bertemu sang divisor nol.
2. Bergerak tapi diam
Bilangan tidak hanya terdiri atas bilangan bulat, tetapi juga ada bilangan desimal antara lain dari 0,1; 0,01; 0,001; dan seterusnya hingga sekecil- kecilnya. Karena sangat kecil tidak mampu lagi disebut atau tidak terhingga kecilnya dan pada karenanya dianggap nol saja. Tetapi, wangsit ini ternyata sempat membingungkan karena kalau bilangan tidak terhingga kecilnya ianggap nol maka berarti nol adalah bilangan terkecil. Padahal, nol mewakili sesuatu yang tidak ada.
Berdasarkan konsep bilangan desimal dan kontinu, maka garis bilangan yang kita pakai ternyata tidak sesederhana itu lantaran antara dua bilangan selalu ada bilangan ke tiga. Jika seseorang melompat dari bilangan 1 ke bilangan 2, tetapi dengan syarat harus melompat terlebih dahulu ke bilangan desimal yang terdekat, bisakah? Berapakah bilangan desimal terdekat sebelum sampai ke bilangan 2? Bisa saja angka 1/2. Tetapi, kita dihentikan melompat ke angka 1/2 karena masih ada bilangan yang lebih kecil, ialah 1/4. Begitu seterusnya, selalu ada bilangan yang lebih akrab, yaitu 0,1 lalu ada 0,01, 0,001, ..., 0,000001. Demikian seterusnya, sehingga pada jadinya bilangan yang paling akrab dengan angka 1 adalah bilangan yang sedemikian kecilnya sehingga beliaunggap nol saja. Karena bilangan terdekat adalah nol alias tidak ada, maka Anda tidak pernah mampu melompat ke bilangan 2. Iyakan?
3. Tunawisma
Bilangan disusun berdasarkan hierarki berdasarkan satu garis lurus. Pada titik awal adalah bilangan nol, kemudian bilangan 1, 2, dan seterusnya. Bilangan yang lebih besar di sebelah kanan dan bilangan yang lebih kecil di sebelah kiri. Semakin jauh ke kanan akan semakin besar bilangan itu. Berdasarkan derajat hierarki dan birokrasi bilangan, seseorang jikalau berjalan dari titik 0 terus-menerus menuju angka yang lebih besar ke kanan akan sampai pada bilangan yang tidak terhingga. Tetapi, mungkin juga orang itu sampai pada titik 0 kembali. Bukankah dunia ini bulat? Mungkinkah? Bukankah Columbus menyampaikan bahwa kalau ia berlayar terus-menerus ia akan hingga kembali ke Eropa?
Lain lagi. Jika seseorang berangkat dari nol, ia tidak mungkin sampai ke bilangan 4 tanpa melewati terlebih dahulu bilangan 1, 2, dan 3. Tetapi, yang lebih aneh ialah pertanyaan mungkinkan seseorang bisa berangkat dari titik nol? Jelas tidak bisa, karena bukankah titik nol suatu titik yang tidak ada? Aneh dan sulit dipercayakan? Mari kita lihat lebih jauh.
Jika di antara dua bilangan atau antara dua buah titik terdapat sebuah ruas. Setiap bilangan mempunyai sebuah ruas. Jika ruas ini dipotong-potong kemudian titik lingkaran hitam dipindahkan ke tengah-tengah ruas, ternyata bilangan 0 tidak mempunyai ruas. Kaprikornus, bilangan nol berada di awang-awang. Bilangan nol tidak mempunyai daerah tinggal alias tunawisma. Itulah sebabnya, mengapa bilangan nol harus menempel pada bilangan lain, contohnya, pada angka 1 membentuk bilangan 10, 100, 109, 10.403 dan sebagainya. Kaprikornus, seseorang tidak pernah mampu berangkat dari angka nol menuju angka 4. Kita harus berangkat dari angka 1.
4. Mudah, tetapi salah
Guru meminta Ani menggambarkan sebuah garis geometrik dari persamaan 3x+7y = 25. Ani berpikir bahwa untuk mendapatkan garis itu diharapkan dua buah titik dari ujung ke ujung. Tetapi, sesudah berhitung-hitung, ternyata cuma ada satu titik yang dilewati garis itu, yaitu titik A(6, 1), untuk x=6 dan y=1. Sehingga Ani tidak bisa membuat garis itu. Sang guru mengingatkan supaya memakai bilangan nol. Ya, itulah jalan keluarnya. Pertama, berikan y=0 diperoleh x=(25-7×0)/3=8 (dibulatkan), merupakan titik pertama, B(8,0). Selanjutnya berikan x=0 diperoleh y=(25-3×0)/7=4 (dibulatkan), merupakan titik kedua C(0,4). Garis BC, yaitu garis yang dicari. Namun, betapa kecewanya sang guru, karena garis itu tidak melalui titik A. Makara, garis BC itu salah.
Ani membela diri bahwa kesalahan itu sangat kecil dan mampu iabaikan. Guru menyatakan bahwa bukan kecil besarnya kesalahan, tetapi manakah yang benar? Bukankah garis BC itu mampu dibuat melalui titik A? Kata guru, gunakan bilangan nol dengan cara yang benar. Bagaimana kita harus membantu Ani membuat garis yang benar itu? Mudah, kata konsultan Matematika. Mula-mula nilai 25 dalam 3x+7y harus diganti dengan hasil perkalian 3 dan 7 sehingga diperoleh 3x+7y=21.
Selanjutnya, dalam persamaan yang baru, berikan y=0 diperoleh x=21/3=7 (tanpa pembulatan) itulah titik pertama P(6,1). Kemudian berikan nilai x=0 diperoleh y=21/7 = 3 (tanpa pembulatan), itulah titik kedua Q(0, 3). Garis PQ ialah garis yang sejajar dengan garis yang dicari, adalah 3x+7y=25. Melalui titik A tarik garis sejajar dengan PQ diperoleh garis P1Q1. Nah, begitulah. Sang murid telah menemukan garis yang benar berkat bantuan bilangan nol.
Akan tetapi, sang guru masih sangat kecewa lantaran sebetulnya tidak ada satu garis pun yang benar. Bukankah dalam persamaan 3x1+7x2=25 hanya ada satu titik penyelesaian yaitu titik A, yang berarti persamaan 3x1+7x2 itu hanya berbentuk sebuah titik? Bahkan pada persamaan 3x1+7x2=21 tidak ada sebuah titik pun yang berada dalam garis PQ. Oleh lantaran itu, garis PQ dalam sistem bilangan bundar, bahu-membahu tidak ada. Aneh, bilangan nol telah menipu kita. Begitulah kenyataannya, sebuah persamaan tidak selalu berbentuk sebuah garis.
 angka nol menuju angka 4. Kita harus berangkat dari angka 1.

4. Praktis, tetapi salah

Guru meminta Ani menggambarkan sebuah garis geometrik dari persamaan 3x+7y = 25. Ani berpikir bahwa untuk mendapatkan garis itu dibutuhkan dua buah titik dari ujung ke ujung. Tetapi, sehabis berhitung-hitung, ternyata cuma ada satu titik yang dilewati garis itu, yakni titik A(6, 1), untuk x=6 dan y=1. Sehingga Ani tidak bisa membuat garis itu. Sang guru mengingatkan supaya menggunakan bilangan nol. Ya, itulah jalan keluarnya. Pertama, berikan y=0 diperoleh x=(25-7×0)/3=8 (dibulatkan), merupakan titik pertama, B(8,0). Selanjutnya berikan x=0 diperoleh y=(25-3×0)/7=4 (dibulatkan), merupakan titik kedua C(0,4). Garis BC, adalah garis yang dicari. Namun, betapa kecewanya sang guru, lantaran garis itu tidak melalui titik A. Jadi, garis BC itu salah.
Ani membela diri bahwa kesalahan itu sangat kecil dan bisa diabaikan. Guru menyatakan bahwa bukan kecil besarnya kesalahan, tetapi manakah yang benar? Bukankah garis BC itu mampu dibuat melalui titik A? Kata guru, gunakan bilangan nol dengan cara yang benar. Bagaimana kita harus membantu Ani membuat garis yang benar itu? Praktis, kata konsultan Matematika. Mula-mula nilai 25 dalam 3x+7y harus diganti dengan hasil perkalian 3 dan 7 sehingga diperoleh 3x+7y=21.
Selanjutnya, dalam persamaan yang baru, berikan y=0 diperoleh x=21/3=7 (tanpa pembulatan) itulah titik pertama P(6,1). Kemudian berikan nilai x=0 diperoleh y=21/7 = 3 (tanpa pembulatan), itulah titik kedua Q(0, 3). Garis PQ adalah garis yang sejajar dengan garis yang dicari, ialah 3x+7y=25. Melalui titik A tarik garis sejajar dengan PQ diperoleh garis P1Q1. Nah, begitulah. Sang murid telah menemukan garis yang benar berkat donasi bilangan nol.
Akan tetapi, sang guru masih sangat kecewa lantaran bahwasanya tidak ada satu garis pun yang benar. Bukankah dalam persamaan 3x1+7x2=25 hanya ada satu titik penyelesaian yaitu titik A, yang berarti persamaan 3x1+7x2 itu hanya berbentuk sebuah titik? Bahkan pada persamaan 3x1+7x2=21 tidak ada sebuah titik pun yang berada dalam garis PQ. Oleh lantaran itu, garis PQ dalam sistem bilangan bulat, bahwasanya tidak ada. Aneh, bilangan nol telah menipu kita. Begitulah kenyataannya, sebuah persamaan tidak selalu berbentuk sebuah garis.

Berlangganan Untuk Mendapatkan Artikel Terbaru:

0 Komentar Untuk "Misteri Bilangan Nol"

Post a Comment