IBX5980432E7F390 Soal PTS Bahasa Indonesia Kelas 9 (IX) SMP/MTs Semester 1 (Ganjil) Berdasar Kurikulum 2013 - Bahas Materi Sekolah

Soal PTS Bahasa Indonesia Kelas 9 (IX) SMP/MTs Semester 1 (Ganjil) Berdasar Kurikulum 2013


Berikut ini yaitu contoh soal penilaian Tengah Semester (PTS) Kurikulum 2013 (dalam kurikulum KTSP disebut dengan Ulangan Tengah Semester/UTS) mata pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 7 (VII) Semester 1 (Gasal/ Ganjil) SMP/MTs. Soal ini mampu dipakai untuk latihan mengerjakan soal dalamrangka menghadapi ujian Perguruan Tinggi Swasta/PTS.

I.        Pilihlah balasan yang paling sempurna diantara karakter A, B, C atau D, dengan Tutorial menghitamkan bulat pada lembar jawab yang tersedia!

Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 1-4!
Pengalaman ini bahwasanya tidak perlu terjadi karena dapat diatasi, tetapi kejadian ini terjadi begitu saja. saat itu saya bertemu dengan seorang kenalan gres yang menurut saya sangat baik. Dia menunjukkan betapa baiknya dirinya dengan selalu membantu kesulitan saya selama latihan.
Kami bertemu untuk pertama kali saat registrasi calon penerima pidato tingkat nasional. Banyak hal yang kami alami bersama. Dia banyak membantu saya memecahkan kesulitan-kesulitan. Saya yaitu orang yang sangat pelupa sehingga tidak jarang saya meninggalkan peran yang seharusnya dilakukan. Saya juga sulit menghafal nama orang. Namun, teman baru saya ini selalu membantu. Kehadirannya sangat membantu saya. Kami pun sangat akrab.
Beberapa lama setelah kami bersama, tiba-tiba saya menemukan kejanggalan yang ada pada diri sahabat saya. Ternyata dia suka membuang daftar yang berisi acara-agenda yang harus saya lakukan. Selama ini memang saya membuat daftar untuk mengatasi sifat saya yang pelupa. Saya juga sering menceritakan bagaimana diri saya yang pelupa. setelah dia tahu semua ihwal saya, dia berusaha untuk memusuhi saya secara membisu-diam.
Saya yang bersifat terbuka dengan orang lain mendapat pelajaran berharga bahwa berhati-hati dan tidak praktis percaya pada orang lain memang perlu. Akibat yang saya terima memang fatal. Namun, jikalau saya lebih mampu menjaga diri pasti kejadian ini dapat dicegah.

1.         Kelemahan yang dimiliki penulis dongeng ialah . . . .
             A.    bersikap ceroboh 
             B.    kurang perhatian pada orang lain  
             C.  pelupa dan mudah percaya kepada orang lain                            
             D.  menganggap setiap masalah dengan sepele

2.         Peristiwa kurang menyenangkan yang dialami penulis cerita yaitu . . . .
A.    dikhianati teman yang ia percaya 
B.    dirugikan dalam keuangan                                          
C.  ditipu dalam suatu urusan
D.  disombongi temannya

3.         Berdasarkan struktur teks eksemplum, paragraf ketiga teks di atas merupakan pecahan . . .
A.    orientasi    
B.    interpretasi                                                                       
C.  insiden
D.  koda

4.         Nilai atau pelajaran yang terdapat dalam kisah tersebut yaitu . . .
A.      Kita harus memperbanyak teman.
B.      Kita harus berhati-hati dan waspada dengan perilaku orang lain.
C.      Kita harus membantu teman yang membutuhkan kontribusi.
D.      Watak orang harus kita kenali dengan baik.

5.         Pernyataan yang tepat perihal teks eksemplum ialah...
A.    merupakan teks kisah yang mengisahkan seorang tokoh atau pelaku.
B.    merupakan teks yang mengisahkan kehidupan dengan tokoh-tokoh binatang.
C.    merupakan teks yang mengisahkan imajinasi penulis dengan berpusat pada tokoh.
D.  merupakan teks yang menguraikan beberapa kisah positif dalam kehidupan untuk keperluan informasi.

6.         Struktur  yang berisi pesan etika dalam teks eksemplum terdapat pada bagian ....
            A.    kesimpulan   
            B.    penyelesaian                                                                     
            C.  interpretasi
            D.  kondusifat
7.       Struktur yang terdapat dalam teks eksemplum adalah...
            A.    orientasi, defenisi umum, defenisi khusus  
            B.    orientasi , kalimat topik, deskripsi                             
            C.  orientasi, peristiwa, interpretasi
            D.  orientasi, peristiwa, kesimpulan

8.         Perhatikan kalimat acak berikut!
1)      Saya pun menuruti usulnya, meskipun pada dikala itu saya belum memiliki SIM.
2)      Ketika akan berangkat, abang menyuruh saya untuk duduk di depan lantaran dia mengantuk.
3)      Kakak saya berpesan, “Jika nanti ada operasi zebra, kamu berhenti saja. Jangan panik.”
4)      Kemudian kami sampai di perbatasan kota. Tidak ada operasi juga di sana.
5)      Satu jam menempuh perjalanan rasanya kondusif-aman saja, tidak ada operasi apapun.
Urutan kalimat yang benar supaya membentuk paragraf yang logis dalam teks eksemplum adalah . . . .
A.      2-3-4-1-5     
B.      2-1-4-3-5                                                                            
C.   2-1-3-5-4
D.   2-1-5-3-4

Bacalah kutipan teks eksemplum berikut!
Kami mengalami luka-luka dan dibawa ke salah satu rumah warga. Ketika ada seorang polisi yang akan mendekati kami, kakak saya berpesan, “Jika nanti ditanya polisi, siapa yang mengemudi, bilang saja kakak. abang tadi jatuh lantaran mengantuk.” Saya hanya mengangguk mendengar permintaan abang saya. [ . . . ]

9.         Kalimat yang sempurna untuk melengkapi paragraf di atas yaitu . . .
A.      Sepeninggal polisi tersebut, si pemilik rumah keluar dan mengobati luka kami kami.
B.      Beruntung polisi tidak mencurigai kalau saya yang mengendarai sepeda motor tersebut.
C.      Tuhan masih memberikan kami keselamatan walaupun kami mengalami banyak luka.
D. Benar saja, polisi tersebut menanyakan hal serupa dan meminta kakak saya untuk memperlihatkan SIM beserta STNK-nya.

Perhatikan kutipan dua teks berikut untuk menjawab soal nomor 10-13!
Teks 1.
Siang itu, aku pulang dari sekolah dengan wajah lesu. Nilai matematika yang aku mampukan hari itu sangat memalukan. seakan-akan biasa, ibuku selalu menanyakan perihal nilai yang didapatkan anaknya setiap pulang sekolah. Sambil mengeluarkan buku dari dalam tas sekolahku, ibuku bertanya, “Hari ini kau dapat nilai berapa, Nak?” aku hanya melamun dan sulit untuk berkata-kata, hingga ibuku mengulangi pertanyaanya. Dengan wajah takut saya pun menjawab pertanyaan ibu dengan terbata-bata dan bunyi lirih. “Matematika saya, menerima nilai dua, Bu.” Mendengar balasanku ibu pun marah. Dilemparkan buku matematika itu tepat di depanku. Kemudian beliau menasihati saya.

Teks 2.
Hari Kamis pagi, Nenek Lusy mencium dan memberi ucapan selamat ulang tahun untuk Rose. Namun, Nenek Lucy tidak membawa apa-apa kecuali sweater hasil rajutannya. Rose heran sekali. ketika Rose ke sekolah, Nenek Lucy pergi ke seorang teknisi.

10.     Berdasarkan dua teks di atas, pernyataan di bawah ini yang paling benar adalah . . . .

Teks 1
Teks 2
A.
Insiden dari teks eksemplum
Komplikasi dari teks cerpen
B.
Orientasi dari teks eksemplum
Resolusi dari teks cerpen
C.
Komplikasi dari teks cerpen
Resolusi dari teks eksemplum
D.
Orientasi dari teks cerpen
Komplikasi dari teks eksemplum

11.     Dari kutipan teks 1, kalimat yang memakai kata keterangan Tutorial adalah . . .
A.      Mendengar jawabanku ibu pun murka.
B.      Dilemparkan buku matematika itu tepat di depanku.
C.      “Hari ini kamu dapat nilai berapa, Nak?”
D.      Siang itu, dengan wajah lesu saya pulang dari sekolah.

12.     Bukti bahwa ibu sayang pada kutipan teks 1 adalah . . .
A.      Ibu melemparkan buku matematika di depanku.
B.      Ibu menanyakan hasil ulangan matematika.
C.      Ibu mengeluarkan buku dari dalam tasku.
D.      Ibu menasihati saya.

13.     Kalimat berikut yang menggunakan keterangan waktu ialah . . .
A.      Dengan wajah takut saya pun menjawab pertanyaan ibu dengan terbata-bata dan suara lirih.
B.      Namun, Nenek Lucy tidak membawa apa-apa kecuali sweater hasil rajutannya.
C.      Dilemparkan buku matematika itu sempurna di depanku.
D.   Hari Kamis pagi, Nenek Lusy mencium dan memberi ucapan selamat ulang tahun untuk Rose

Baca teks berikut untuk menjawab soal nomor 14-16!
Pada suatu hari, saya dan tema-temanku sedang berjalan-jalan di kampungku. Kami melihat sebuah pohon jambu yang sedang berbuah. Pohon jambu itu berada di halaman rumah Pak Ucok. Pak Ucok dikenal sebagai orang yang galak. Namun, kata temanku, dikala itu Pak Ucok sedang tidak ada di rumah.
Melihat keadaan sepi, aku menunjukkan diri memanjat pohon jambu itu. Sementara itu, teman-temanku tetap berada di bawah. Satu, dua, tiga, empat buah jambu kujatuhkan dan ditangkap oleh sahabat-temanku.
Tiba-tiba, pintu rumah Pak Ucok terbuka. Muncullah Pak Ucok dengan sebuah tongkat kanannya. Ia pun menuju ke arah kami. teman-temanku eksklusif mengambil langkah seribu. Tinggallah saya di atas pohon. setelah turun, saya dimarahi habis-habisan oleh Pak Ucok. Meskipun dia tidak memukulku dengan tongkatnya, aku sangat takut hingga menangis.
[ . . . ]
Aku berjalan pulang sambil menangis. Dari kejauhan, temaan-temanku menungguku. Mereka justru menertawakanku.

14.     Insiden yang terjadi dalam teks di atas ialah . . . .
A.      Jatuh dari pohon jambu   
B.      Mencuri dan ketahuan pemiliknya.                        
C.   diejek teman-teman
D.   memanjat pohon jambu yang lebat buahnya

15.     Bagian interpretasi yang tepat untuk melengkapi teks tersebut ialah. . . .
A.      Aku sadar bahwa tindakanku itu sama dengan mencuri. aku tidak meminta izin lebih dahulu kepada pemilik pohon. Itulah kesalahanku. Mencuri sama dengan merampas hak orang lain. aku tidak ingin mengulangi perbuatan itu lagi. aku juga tidak ingin orang lain mencuri barang-barang milikkku.
B.      Kami pun berlari sekuat tenaga. Sementara itu, Pak Ucok mengejar kami. Ia mengacung-acungkan tongkat kayunya. peristiwa itu menjadi tontonan warga sekitar. Warga tampak heran bahkan. Ada juga yang bersorak-sorak
C.      Ia menyadari bahwa tindakannya melewati batas. Ia harus meminta maaf kepada Pak Ucok. Ia juga harus mengganti barang-barang yang telah membisubilnya. Untunglah Pak Ucok orang yang baik. Ia tidak tega membawa permasalahan itu ke polisi.
D.      Setelah hingga di rumah, aku mengadukan bencana itu kepada orang tuaku. Orang tuaku justru memarahiku. Padahal, saya ingin orang bau tanahku membelaku.

16.     Kalimat dengan konjungsi antarkalimat terdapat pada kalimat . . . .
A.      Paragraf kedua kalimat kedua    
B.      Paragraf kedua kalimat ketiga                                   
C.  paragraf pertama kalimat pertama
D.  paragraf ketiga kalimat pertama

17.     “Saya menciptakan lukisan alam ini khusus buat kau, Bambang!” ujar Paman.
Jenis kata keterangan yang digunakan dalam kalimat di atas ialah...
A.    kata keterangan kawasan     
B.    kata keterangan waktu                                                 
C.  keterangan tujuan
D.  keterangan Cara

18.     Di bawah ini yang merupakan kalimat beragam setara adalah . . .
A.    Ia seorang perawat ataukah ia seorang dokter?
B.    Ia seorang perawat yang baik hati kepada pasiennya.
C.    Ia seorang perawat sewaktu saya tinggal di sini.
D.    Ia seorang perawat, jikalau ia bekerja di rumah sakit.

19.     Kalimat majemuk bertingkat kekerabatan syarat terdapat pada kalimat . . .
A.      Kami belajar dengan sungguh-sungguh biar nilai ujian kami memuaskan.
B.      Kami akan berguru lebih serius lagi kalau ujian sudah di depan mata.
C.      Kami berangkat ke sekolah lebih cepat dari biasanya karena menerima tugas piket kelas.
D.      Kami mencar ilmu sungguh-sungguh sesudah diberi motivasi oleh guru kami.

Dita menyesal lantaran ia menyadari bahwa menciptakan sarang burung itu lebih  baik memakai jerami agar kokoh.

20.     Kalimat di atas merupakan jenis kalimat . . . .
A.      tunggal            
B.      majemuk bertingkat                            &nb

Berlangganan Untuk Mendapatkan Artikel Terbaru:

0 Komentar Untuk "Soal PTS Bahasa Indonesia Kelas 9 (IX) SMP/MTs Semester 1 (Ganjil) Berdasar Kurikulum 2013"

Post a Comment