Soal PTS Bahasa Indonesia Kelas 9 (IX) SMP/MTs Semester 1 (Ganjil) Berdasar Kurikulum 2013
Berikut ini yaitu contoh soal penilaian Tengah Semester (PTS) Kurikulum 2013 (dalam kurikulum KTSP disebut dengan Ulangan Tengah Semester/UTS) mata pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 7 (VII) Semester 1 (Gasal/ Ganjil) SMP/MTs. Soal ini mampu dipakai untuk latihan mengerjakan soal dalamrangka menghadapi ujian Perguruan Tinggi Swasta/PTS.
I.
Pilihlah balasan yang paling sempurna diantara karakter A, B, C atau D,
dengan Tutorial menghitamkan bulat pada lembar jawab yang tersedia!
Bacalah
teks berikut untuk menjawab soal nomor 1-4!
Pengalaman
ini bahwasanya tidak perlu terjadi karena dapat diatasi, tetapi kejadian ini
terjadi begitu saja. saat itu saya bertemu dengan seorang kenalan gres yang
menurut saya sangat baik. Dia menunjukkan betapa baiknya dirinya dengan selalu
membantu kesulitan saya selama latihan.
Kami
bertemu untuk pertama kali saat registrasi calon penerima pidato tingkat
nasional. Banyak hal yang kami alami bersama. Dia banyak membantu saya
memecahkan kesulitan-kesulitan. Saya yaitu orang yang sangat pelupa sehingga
tidak jarang saya meninggalkan peran yang seharusnya dilakukan. Saya juga sulit
menghafal nama orang. Namun, teman baru saya ini selalu membantu. Kehadirannya
sangat membantu saya. Kami pun sangat akrab.
Beberapa
lama setelah kami bersama, tiba-tiba saya menemukan kejanggalan yang ada pada
diri sahabat saya. Ternyata dia suka membuang daftar yang berisi acara-agenda
yang harus saya lakukan. Selama ini memang saya membuat daftar untuk mengatasi
sifat saya yang pelupa. Saya juga sering menceritakan bagaimana diri saya yang
pelupa. setelah dia tahu semua ihwal saya, dia berusaha untuk memusuhi saya
secara membisu-diam.
Saya yang
bersifat terbuka dengan orang lain mendapat pelajaran berharga bahwa berhati-hati
dan tidak praktis percaya pada orang lain memang perlu. Akibat yang saya terima
memang fatal. Namun, jikalau saya lebih mampu menjaga diri pasti kejadian ini dapat
dicegah.
1.
Kelemahan
yang dimiliki penulis dongeng ialah . . . .
A.
bersikap
ceroboh
B.
kurang
perhatian pada orang lain
C. pelupa dan mudah percaya kepada orang lain
D. menganggap setiap masalah dengan sepele
2.
Peristiwa
kurang menyenangkan yang dialami penulis cerita yaitu . . . .
A. dikhianati
teman yang ia percaya
B. dirugikan
dalam keuangan
C. ditipu dalam suatu urusan
D. disombongi temannya
3.
Berdasarkan
struktur teks eksemplum, paragraf ketiga teks di atas merupakan pecahan . . .
A. orientasi
B. interpretasi
C. insiden
D. koda
4.
Nilai atau
pelajaran yang terdapat dalam kisah tersebut yaitu . . .
A.
Kita harus
memperbanyak teman.
B.
Kita harus
berhati-hati dan waspada dengan perilaku orang lain.
C.
Kita harus
membantu teman yang membutuhkan kontribusi.
D.
Watak
orang harus kita kenali dengan baik.
5.
Pernyataan
yang tepat perihal teks eksemplum ialah...
A. merupakan teks kisah yang mengisahkan seorang
tokoh atau pelaku.
B. merupakan teks yang mengisahkan kehidupan dengan
tokoh-tokoh binatang.
C. merupakan teks yang mengisahkan imajinasi penulis
dengan berpusat pada tokoh.
D. merupakan
teks yang menguraikan beberapa kisah positif dalam kehidupan untuk keperluan
informasi.
6.
Struktur yang berisi pesan etika dalam teks eksemplum terdapat pada
bagian ....
A.
kesimpulan
B. penyelesaian
C. interpretasi
D. kondusifat
7. Struktur yang terdapat dalam teks eksemplum adalah...
A.
orientasi, defenisi umum, defenisi khusus
B.
orientasi , kalimat topik, deskripsi
C. orientasi, peristiwa, interpretasi
D. orientasi, peristiwa, kesimpulan
8.
Perhatikan
kalimat acak berikut!
1)
Saya pun
menuruti usulnya, meskipun pada dikala itu saya belum memiliki SIM.
2)
Ketika
akan berangkat, abang menyuruh saya untuk duduk di depan lantaran dia mengantuk.
3)
Kakak saya
berpesan, “Jika nanti ada operasi zebra, kamu berhenti saja. Jangan panik.”
4)
Kemudian
kami sampai di perbatasan kota. Tidak ada operasi juga di sana.
5)
Satu jam menempuh
perjalanan rasanya kondusif-aman saja, tidak ada operasi apapun.
Urutan
kalimat yang benar supaya membentuk paragraf yang logis dalam teks eksemplum
adalah . . . .
A.
2-3-4-1-5
B.
2-1-4-3-5
C. 2-1-3-5-4
D. 2-1-5-3-4
Bacalah
kutipan teks eksemplum berikut!
Kami mengalami luka-luka dan dibawa ke
salah satu rumah warga. Ketika ada seorang polisi yang akan mendekati kami,
kakak saya berpesan, “Jika nanti ditanya polisi, siapa yang mengemudi, bilang
saja kakak. abang tadi jatuh lantaran mengantuk.” Saya hanya mengangguk mendengar
permintaan abang saya. [ . . . ]
9.
Kalimat
yang sempurna untuk melengkapi paragraf di atas yaitu . . .
A.
Sepeninggal
polisi tersebut, si pemilik rumah keluar dan mengobati luka kami kami.
B.
Beruntung
polisi tidak mencurigai kalau saya yang mengendarai sepeda motor tersebut.
C.
Tuhan
masih memberikan kami keselamatan walaupun kami mengalami banyak luka.
D. Benar
saja, polisi tersebut menanyakan hal serupa dan meminta kakak saya untuk
memperlihatkan SIM beserta STNK-nya.
Perhatikan
kutipan dua teks berikut untuk menjawab soal nomor 10-13!
Teks 1.
Siang itu, aku pulang dari sekolah
dengan wajah lesu. Nilai matematika yang aku mampukan hari itu sangat
memalukan. seakan-akan biasa, ibuku selalu menanyakan perihal nilai yang didapatkan
anaknya setiap pulang sekolah. Sambil mengeluarkan buku dari dalam tas
sekolahku, ibuku bertanya, “Hari ini kau dapat nilai berapa, Nak?” aku hanya melamun
dan sulit untuk berkata-kata, hingga ibuku mengulangi pertanyaanya. Dengan
wajah takut saya pun menjawab pertanyaan ibu dengan terbata-bata dan bunyi
lirih. “Matematika saya, menerima nilai dua, Bu.” Mendengar balasanku ibu pun
marah. Dilemparkan buku matematika itu tepat di depanku. Kemudian beliau
menasihati saya.
Teks 2.
Hari Kamis pagi, Nenek Lusy mencium
dan memberi ucapan selamat ulang tahun untuk Rose. Namun, Nenek Lucy tidak
membawa apa-apa kecuali sweater hasil rajutannya. Rose heran sekali. ketika Rose
ke sekolah, Nenek Lucy pergi ke seorang teknisi.
10.
Berdasarkan
dua teks di atas, pernyataan di bawah ini yang paling benar adalah . . . .
Teks 1
|
Teks 2
|
|
A.
|
Insiden dari
teks eksemplum
|
Komplikasi
dari teks cerpen
|
B.
|
Orientasi
dari teks eksemplum
|
Resolusi
dari teks cerpen
|
C.
|
Komplikasi
dari teks cerpen
|
Resolusi
dari teks eksemplum
|
D.
|
Orientasi
dari teks cerpen
|
Komplikasi
dari teks eksemplum
|
11.
Dari
kutipan teks 1, kalimat yang memakai kata keterangan Tutorial adalah . . .
A.
Mendengar
jawabanku ibu pun murka.
B.
Dilemparkan
buku matematika itu tepat di depanku.
C.
“Hari ini
kamu dapat nilai berapa, Nak?”
D.
Siang itu,
dengan wajah lesu saya pulang dari sekolah.
12.
Bukti
bahwa ibu sayang pada kutipan teks 1 adalah . . .
A.
Ibu
melemparkan buku matematika di depanku.
B.
Ibu
menanyakan hasil ulangan matematika.
C.
Ibu
mengeluarkan buku dari dalam tasku.
D.
Ibu
menasihati saya.
13.
Kalimat berikut
yang menggunakan keterangan waktu ialah . . .
A.
Dengan
wajah takut saya pun menjawab pertanyaan ibu dengan terbata-bata dan suara
lirih.
B.
Namun,
Nenek Lucy tidak membawa apa-apa kecuali sweater hasil rajutannya.
C.
Dilemparkan
buku matematika itu sempurna di depanku.
D. Hari Kamis
pagi, Nenek Lusy mencium dan memberi ucapan selamat ulang tahun untuk Rose
Baca teks berikut untuk menjawab soal nomor 14-16!
Pada suatu hari, saya dan tema-temanku sedang berjalan-jalan di kampungku.
Kami melihat sebuah pohon jambu yang sedang berbuah. Pohon jambu itu berada di
halaman rumah Pak Ucok. Pak Ucok dikenal sebagai orang yang galak. Namun, kata
temanku, dikala itu Pak Ucok sedang tidak ada di rumah.
Melihat keadaan sepi, aku menunjukkan diri memanjat pohon jambu itu. Sementara
itu, teman-temanku tetap berada di bawah. Satu, dua, tiga, empat buah jambu
kujatuhkan dan ditangkap oleh sahabat-temanku.
Tiba-tiba, pintu rumah Pak Ucok terbuka. Muncullah Pak Ucok dengan sebuah
tongkat kanannya. Ia pun menuju ke arah kami. teman-temanku eksklusif mengambil
langkah seribu. Tinggallah saya di atas pohon. setelah turun, saya dimarahi
habis-habisan oleh Pak Ucok. Meskipun dia tidak memukulku dengan tongkatnya,
aku sangat takut hingga menangis.
[ . . . ]
Aku berjalan pulang sambil menangis. Dari kejauhan, temaan-temanku
menungguku. Mereka justru menertawakanku.
14. Insiden yang terjadi dalam teks di atas ialah . . . .
A. Jatuh dari pohon jambu
B.
Mencuri dan ketahuan pemiliknya.
C. diejek teman-teman
D. memanjat pohon jambu yang lebat buahnya
15. Bagian interpretasi yang tepat untuk melengkapi teks
tersebut ialah. . . .
A.
Aku sadar bahwa tindakanku itu sama dengan mencuri. aku tidak meminta izin
lebih dahulu kepada pemilik pohon. Itulah kesalahanku. Mencuri sama dengan
merampas hak orang lain. aku tidak ingin mengulangi perbuatan itu lagi. aku
juga tidak ingin orang lain mencuri barang-barang milikkku.
B.
Kami pun berlari sekuat tenaga. Sementara itu, Pak Ucok mengejar kami. Ia
mengacung-acungkan tongkat kayunya. peristiwa itu menjadi tontonan warga
sekitar. Warga tampak heran bahkan. Ada juga yang bersorak-sorak
C.
Ia menyadari bahwa tindakannya melewati batas. Ia harus meminta maaf kepada
Pak Ucok. Ia juga harus mengganti barang-barang yang telah membisubilnya.
Untunglah Pak Ucok orang yang baik. Ia tidak tega membawa permasalahan itu ke
polisi.
D.
Setelah hingga di rumah, aku mengadukan bencana itu kepada orang tuaku.
Orang tuaku justru memarahiku. Padahal, saya ingin orang bau tanahku membelaku.
16. Kalimat dengan konjungsi antarkalimat terdapat pada
kalimat . . . .
A. Paragraf kedua kalimat kedua
B.
Paragraf kedua kalimat ketiga
C. paragraf pertama kalimat pertama
D. paragraf ketiga kalimat pertama
17. “Saya menciptakan lukisan alam ini khusus buat kau,
Bambang!” ujar Paman.
Jenis kata
keterangan yang digunakan dalam kalimat di atas ialah...
A. kata keterangan kawasan
B.
kata
keterangan waktu
C. keterangan tujuan
D. keterangan Cara
18. Di bawah ini yang merupakan kalimat beragam setara
adalah . . .
A. Ia seorang perawat ataukah ia seorang dokter?
B. Ia seorang perawat yang baik hati kepada
pasiennya.
C. Ia seorang perawat sewaktu saya tinggal di sini.
D.
Ia seorang
perawat, jikalau ia bekerja di rumah sakit.
19. Kalimat majemuk bertingkat kekerabatan syarat terdapat
pada kalimat . . .
A. Kami belajar dengan sungguh-sungguh biar nilai ujian
kami memuaskan.
B. Kami akan berguru lebih serius lagi kalau ujian sudah
di depan mata.
C. Kami berangkat ke sekolah lebih cepat dari biasanya
karena menerima tugas piket kelas.
D.
Kami mencar ilmu sungguh-sungguh sesudah diberi motivasi oleh guru kami.
Dita menyesal lantaran ia menyadari
bahwa menciptakan sarang burung itu lebih
baik memakai jerami agar kokoh.
20.
Kalimat di
atas merupakan jenis kalimat . . . .
A.
tunggal
B.
majemuk
bertingkat &nb
0 Komentar Untuk "Soal PTS Bahasa Indonesia Kelas 9 (IX) SMP/MTs Semester 1 (Ganjil) Berdasar Kurikulum 2013"
Post a Comment