IBX5980432E7F390 Tips Sukses Menghadapi UNBK - Bahas Materi Sekolah

Tips Sukses Menghadapi UNBK

Bagi anda yang akan menghadapi UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer) perlu membaca dan melaksanakan Tips Sukses Menghadapi UNBK berikut ini, semoga menerima hasil yang optimal yaitu lulus UNBK dengan nilai memuaskan. alasannya adalah kalau sasaran anda hanya lulus itu terlalu mudah.

Tips Sukses Menghadapi UNBK agar Lulus

Berikut yaitu tips dan trik menghadapi UNBK, baik sebelum, menjelang maupun dikala pelaksanaan UNBK.

Sebelum Pelaksanaan UNBK

1. berguru Berpatokan pada Kisi-Kisi UNBK

Soal-soal yang akan diujikan dalam UNBK sudah niscaya berasal dari bahan yang telah dipelajari di kelas. Oleh sebab itu, jauh hari sebelum pelaksanaan UNBK anda harus membaca ulang materi-materi yang telah dipelajari di kelas sebelumnya, dengan berpatokan pada Kisi-Kisi Soal UNBK.

Fokuskan belajar anda pada Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar (KI-KD) yang akan diujikan. 
Bacalah dengan Cara dicicil tapi berulang-ulang dari pada sekaligus banyak tapi hanya sekali. seolah-olah halnya minum obat cukup 3 atau 2 kali sehari dan lakukan secara kontinyu.

Untuk mengetahui Kompetensi Dasar (KD) apa saja yang bakal di ujikan dalam UNBK, silakan baca:

2. Baca Kembali Pelajaran Di Kelas sebelumnya

Porsi dan komposisi soal Ujian Nasional (UNBK) ialah
20 % berasal dari kelas VII (bila SMP/MTs) atau kelas X bila Sekolah Menengan Atas/SMK atau sederajat
30 % berasal dari kelas VIII (bila Sekolah Menengah Pertama/MTs) atau kelas XI jikalau Sekolah Menengan Atas/SMK atau sederajat
50 % berasal dari kelas IX (bila SMP/MTs) atau kelas XII kalau SMA/SMK atau sederajat

Fungsinya tentu untuk menyegarkan ingatanmu akan bahan pembelajaran. sehabis sekian usang belajar, niscaya ada saja bahan pembelajaran yang kau lupa. Dengan membaca ulang materi pembelajaran maka kamu akan kembali ingat bahan tersebut.


3. Buatlah Catatan Ringkasan bahan Pelajaran

Buatlah catatan-catatan penting dari inti materi pelajaran setiap kali anda membaca. Buatlah catatan dalam kertas khusus yang mudah dibawa ke mana-mana.


Menjelang Pelaksanaan UNBK

Seminggu atau dua minggu menjelang UNBK anda akan merasa siap banget dan penuh percaya diri untuk menghadapi UNBK, bila tahapan di atas telah anda lakukan dengan baik. Jadi seminggu menjelang UNBK anda tidak perlu lagi baca dan mencar ilmu materi dari buku-buku pelajaran sekolah yang didapat selama tiga tahun. Cukup membaca catatan ringkasan yang telah dibuat sebelumnya.


1. Lakukan Latihan UNBK mandiri

Pada dikala menjelang UNBK ini lebih baik kalau anda melaksanakan latihan bagaimana mengerjakan soal Ujian Nasional yang berbasis komputer. Tutorialnya silakan cari di internet aplikasi-aplikasi yang menyerupai dengan tampilan UNBK sebetulnya dan akan lebih baik jika anda mengerjakan latihan ini di komputer, karena pelaksanaan UNBK pasti menggunakan komputer atau laptop, bukan memakai Handphone atau tablet.

Dengan mengerjakan latihan UNBK secara mandiri lewat komputer atau laptop akan menciptakan anda semakin familiar dengan perangkat tersebut, sehingga pada saat pelaksanaan UNBK nanti anda tidak akan merasa canggung lagi, Makara akan lebih fokus kepada menjawab soal.


2. Jaga Kesehatan

Di samping itu juga anda harus tetap menjaga kesehatan melalui asupan kuliner yang memiliki gizi seimbang, olahraga secara teratur dan istirahat yang cukup. pada dasarnya persiapkan diri biar pada pelaksanaan UNBK tidak jatuh sakit.


3. Selalu Berdo'a

Sebagai insan yang beragama jangan lupa memohon kepada Allah yang Maha Kuasa, supaya diberi fasilitas, kelancaran dan kesuksesan dalam UNBK. Dengan Cara ini niscaya akan menambah keyakinan diri saat pelaksanaan UNBK nanti.


Saat Pelaksanaan UNBK

1. Hindari Begadang demi UNBK

Pada malam UNBK anda tidak perlu berguru hingga larut malam, cukup baca catatan ringkasan dari pelajaran yang besoknya akan diujikan. Tidurlah lebih awal agar pagi-pagi bisa bangun dengan bugar, namun sebelum tidur jangan lupa persiapkan segala sesuatunya yang besok harus dibawa terutama Kartu Tanda akseptor Ujian dan catatan ringkasan sesuai mata pelajaran yang akan diujikan besok.


2. Berangkat ke Sekolah Lebih Awal

Pada umumnya jadwal UNBK terbagi ke dalam tiga sesi, kalau kebetulan anda kebagian jadwal sesi pertama datanglah lebih pagi. Satu atau setengah jam menjelang pelaksanaan UNBK, sebaiknya anda sudah berada di lingkungan sekolah daerah pelaksanaan UNBK.

Jangan pernah terlambat, lantaran keterlambatan akan membuat anda terburu-buru. sikap terburu-buru dalam diri akan menciptakan konsentrasi dan pikiran buyar, dan jikalau pikiran sudah tidak konsentrasi maka soal UNBK yang praktis pun akan terasa sulit, dan balasannya anda gagal.


3. Hindarkan dari Segala Pikiran Negatif

Perlu diketahui bahwa Nilai Ujian Nasional yang kini tidak memilih kelulusan, Kaprikornus berapa pun nilai UN yang anda peroleh, yang menentukan kelulusan tetap berada di pihak sekolah, yang penting mengikuti Ujian Nasional. Jadi jangan pernah berpikir takut tidak lulus gara-gara nilai Ujian Nasional kecil.

Tips Sukses Menghadapi UNBK

4. Isi Biodata dengan Benar

Dalam UNBK alokasi waktu 120 menit itu benar-benar murni waktu untuk mengerjakan soal, sedangkan dalam proses pengisian data dan sinkronisasi komputer client ke server tidak termasuk dalam hitungan 120 menit tersebut. Waktu gres akan mulai berjalan mundur jikalau akseptor melaksanakan klik tombol MULAI.

Tips Sukses Menghadapi UNBK

Jadi silakan isi biodata dengan hening tanpa harus terburu-buru lantaran takut waktu habis. Makara silakan masukkan data dengan benar, karena jika biodata yang nada masukan salah atau tidak sesuai dengan yang tertera di dalam kartu akseptor ujian, komputer anda akan gagal terkoneksi dengan server.

Silakan lihat:
Bocoran Jumlah Soal UNBK


5. Jangan Panik jikalau Kartu peserta Ujian Tertinggal atau Hilang

Setelah anda sampai di ruang ujian atau di sekolah ternyata kartu peserta Ujian Nasional ketinggalan atau hilang, anda tidak perlu panik lantas balik lagi ke rumah yang akan membuat anda semakin panik dan hilang konsentrasi menghadapi ujian, anda cukup melapor atau menghubungi pribadi Proktor (petugas UNBK) yang bertanggung jawab di ruangan daerah anda ujian.

Data akseptor berikut kartu penerima ujian tersedia lengkap di website UNBK www.unbk.kemdikbud.go.id Proktor nanti akan membukanya lewat komputer server yang ada di ruang ujian, bahkan bila perlu mampu di cetak ulang.


6. Cara simpel Menjawab Soal UNBK

Tiap mata pelajaran memiliki jumlah soal yang berbeda, namun yang pasti tingkat kesulitan dari jumlah soal tersebut terbagi ke dalam tiga kategori yang seimbang, yaitu: mudah, Sedang dan Sulit. Jadi ketika anda menghadapi sebuah soal yang dianggap sulit, lebih baik segera pindah ke soal berikutnya.

Ketika anda menghadapi soal yang masih ragu balasannya, silakan pilih jawaban yang masih ragu tersebut, kemudian klik tombol RAGU-RAGU, nanti pada lembar balasan pada nomor soal yang masih ragu-ragu tersebut secara otomatis akan berwarna kuning.

Lembar jawaban UNBK berada di sisi kanan layar komputer anda secara permanen artinya walaupun anda berpindah soal, lembar jawaban tetap ada di sisi kanan. Dan untuk memudahkan dalam mengerjakan soal, lembar tanggapan UNBK terdiri dari empat warna yaitu:

  • PUTIH, artinya: Belum dikerjakan atau belum dijawab
  • HITAM, artinya: Sudah dijawab
  • KUNING, artinya jawaban masih ragu (bisa diganti bila mau)
  • BIRU, artinya: Nomor soal yang sedang dikerjakan
Tips Sukses Menghadapi UNBK

Setelah hingga pada nomor soal terakhir, anda mampu kembali ke soal-soal yang belum dikerjakan dengan Cara klik pada nomor soal yang masih berwarna putih atau kuning.


7. Jangan Lupa Klik Tombol akhir

Jika anda sudah yakin tidak ada satu soal pun yang terlewat yang belum dijawab, untuk mengakhiri proses UNBK silakan klik tombol tamat lalu Logout. Ini penting karena jika akseptor tidak melaksanakan klik tombol selesai maka lembar tanggapan belum mampu terkirim ke server. Dan status akseptor tersebut di dalam aplikasi server masih dalam keadaan SEDANG MENGERJAKAN.

Demikian Tips Sukses Menghadapi UNBK, semoga artikel ini bermanfaat, jikalau ada pertanyaan atau saran, silakan tuliskan dalam komentar. Dengan bahagia hati Soal4You akan membalas secepat yang admin bisa.

Terimakasih sudah mampir ke KUMPULAN SOAL TERLENGKAP di www.Soal4You.com

Berlangganan Untuk Mendapatkan Artikel Terbaru:

0 Komentar Untuk "Tips Sukses Menghadapi UNBK"

Post a Comment